Honda

Pembangunan Wisata Namu dan Air Terjun Moramo di Konsel Telan Anggaran Rp6 Miliar

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Konsel, AB Subair
AB Subair

ZONASULTRA.COM,ANDOOLO-Pengembangan Desa wisata Namu dan Air Terjun Moramo di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun ini menghabiskan anggaran sebanyak Rp6 Miliar.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) kabupaten Konsel, Subair menjelaskan, anggaran itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementrian Pariwisata (Kemenpar) yang dikucurkan secara bertahap.

“Rincianya, Rp5 Miliar untuk pembangunan infrastruktur fisik, Rp1 Miliar untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM),” kata Subair saat diwawancarai di ruang kerjanya, Sabtu (12/10/2019).

iklan zonasultra

Lebih jauh ia menerangkan, beberapa infrastruktur yang dibuat dari dana tersebut seperti, pembangunan jalan, wc komunal, pusat informasi, ruang ganti, petunjuk arah, tempat persinggahan dan beberapa fasilitas pendukung lainya.

(Baca Juga : Dinas Pariwisata Konsel Naik Tipe dari C ke A)

“Paling banyak itu di Namu, dari total Rp5 Miliar yang diporsikan untuk fisik, sekitar 80 persen penggunaanya di sana. Moramo juga kita perbaiki jalan, buat jembatan gantung, ruang ganti juga kita buat,” paparnya.

Sementara itu, anggaran Rp1 miliar yang diporsikan untuk pembangunan SDM, pihaknya akan  melakukan sosialisasi pengelolaan pelatihan kuliner, home stay, dan cara pengelolaan wisata buatan.(B)

 


Kontributor: Erik Ari Prabowo
Editor: Abd Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib