iklan zonasultra

Pembentukan Insan Akademis USN Kolaka Dilaksanakan Secara Daring

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni USN Kolaka, Achmad Lamo Said
Achmad Lamo Said

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Pembentukan Insan Akademis (PENA) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka tahun 2020 ini dilaksanakan dalam jaringan (daring). Rencananya, kegiatan tersebut akan diselenggarakan paling lambat pekan kedua bulan Oktober 2020 ini.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni USN Kolaka, Achmad Lamo Said mengatakan di tengah pandemi Covid-19 yang penyebarannya belum juga bisa ditangani, pelaksanaan PENA kali ini dipastikan dilakukan secara virtual. Saat ini, pihaknya tengah menunggu surat keputusan rektor terkait kepanitiaan dan waktu pasti pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Tidak lagi seperti dulu mengumpulkan mahasiswa dalam satu tempat, sesuai dengan imbauan pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” ujarnya di Kolaka, Jumat (2/9/2020).

Nantinya Rektor USN Kolaka, Azhari akan secara simbolis membuka kegiatan melalui aplikasi zoom. Di dalam ruang virtual itu, akan bergabung wakil rektor, para dekan, serta mahasiswa yang mewakili masing-masing fakultasnya.

Kata dia, setelah rektor kampus merah marun itu membuka kegiatan, kemudian dikembalikan ke fakultasnya masing-masing untuk selanjutnya dilakukan

bimbingan dan pengenalan fakultas yang juga dilakukan secara virtual.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Akademik dan Kemahasiswaan USN Kolaka, Lete merincikan untuk PENA USN tahun ini diperkirakan mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan kurang lebih berjumlah 1.400 orang.

Akan tetapi, kata dia, jumlah tersebut masih akan berubah karena belum semua calon mahasiswa yang lulus di USN telah melakukan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT). Pihaknya baru menyelesaikan penetapan uang kuliah tunggal pada jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Saat ini, calon mahasiswa yang lulus pada kedua jalur tersebut sedang dalam proses menyelesaikan pembayaran uang kuliah tunggal tersebut. Sedangkan, calon mahasiswa jalur SMMPTN masih pada tahap pendaftaran ulang.

“Mereka yang mendaftar ulang belum tentu membayar semua, nanti dikatakan mahasiswa kalau sudah membayar UKT,” ujarnya.

Ia menambahkan untuk batas pembayaran UKT paling lambat tanggal 10 Oktober 2020. Oleh karena itu, kepada para calon mahasiswa agar segera melakukan pembayaran UKT yang telah ditetapkan. Dengan melihat kondisi saat ini, proses perkuliahan bagi mahasiswa baru, dapat dilaksanakan paling lambat pertengahan Oktober 2020. (B)

 


Reporter: Sitti Nurmalasari
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib