iklan zonasultra

Pemda Butur Terima Ratusan Ton Beras dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi

Pemda Butur Terima Ratusan Ton Beras dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi
Penyerahan Bantuan : Pemda Butur menerima bantuan 146.682 ton beras melalui Cadangan Beras Pemerintah Daerah (CBPD) Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Tenggara. (Ifang/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton Utara (Butur) menerima bantuan 146.682 ton beras melalui Cadangan Beras Pemerintah Daerah (CBPD) Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), bertempat di kantor Badan Urusan Logistik (Bulog) Buton Utara, Rabu (24/6/2020).

Hal itu merupakan upaya pemerintah daerah setempat dalam menjaga stabilisasi harga pangan, dan stok pangan masyarakat terkena dampak covid-19 ataupun kondisi darurat bencana lainnya dan sebagai instrumen strategis kebijakan menjamin terpenuhinya kebutuhan pangan masyarakat.

Bantuan tersebut diperuntukkan bagi 8.149 Kepala Keluarga (KK) di tiga Kecamatan, yakni Kecamatan Kulisusu, Kecamatan Kulisusu Utara serta Kecamatan Bonegunu. Pelaksana Jabatan (PJ) Sekretaris Daerah (Sekda) Butur, Budianti Kadidaa, mengatakan dengan bantuan Pemerintah Provinsi tersebut harapannya masyarakat sedikit lebih terbantu.

“Dengan hadirnya bantuan ini sekiranya dapat bermanfaat bagi masyarakat, apalagi di tengah wabah pandemi covid-19” ujar Budianti, usai kegiatan.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buton Utara, Hasiruddin, menjelaskan data penerima bantuan langsung dari Dinas Sosial Provinsi, dengan menyesuaikan kriteria data KK miskin serta penyesuaian anggaran yang ada di provinsi.

“Dari anggaran yang ada, untuk saat ini hanya 3 Kecamatan. Penyalurannya sudah tadi, dari Bulog di bawa langsung ke desa di Kecamatan masing-masing” ujar Hasiruddin, saat ditemui di kantornya.

Sedangkan untuk bantuan 3 Kecamatan lainnya, kata dia, pihaknya masih menunggu informasi dari provinsi “Artinya kalau masih ada anggaran untuk di Buton Utara, kita akan prioritaskan Kecamatan yang belum dapat” tukasnya.

Di samping itu, ia juga berharap, bagi masyarakat penerima bantuan agar dapat memanfaatkan sebaik-baiknya dan tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. (b)

 


Penulis : M5
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib