iklan zonasultra

Pemda Konawe Berikan Bantuan Kepada Korban Kebakaran

Pemda Konawe Berikan Bantuan Kepada Korban Kebakaran
BANTUAN - Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat memberikan bantuan terhadap korban kebakaran yang terjadi pada Sabtu (2/3/2019) kemarin. Bantuan diberikan usai melaksanakan Upacara Pembukaan Hari Ulang Tahun (HUT) Konawe Ke 59 di depan halaman Kantor Bupati Konawe, Minggu (3/3/2019) (Iksan/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe memberikan bantuan berupa uang kepada korban kebakaran. Pemberian bantuan itu dilakukan langsung oleh Bupati Konawe Kerry Saiful Konggoasa kepada 6 korban kebakaran.

Total santunan itu senilai Rp 25 juta dalam bentuk cek. Bantuan tersebut diserahkan usai menggelar upacara pembukaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe ke 59, di Konawe.

Enam orang korban tersebut yaitu Ibu Andi Jois pemilik warung makan, Damir pemilik toko Sahabat Indah, Passe pemilik toko Mujur, Madong pemilik toko obat (Apotek) Waraka, serta dua orang korban lainnya.

iklan zonasultra

Sebelum menyerahkan bantuan tersebut, Kerry sempat menyampaikan rasa turut prihatinnya atas apa yang menimpa warganya. Kerry juga sempat mengimbau seluruh masyarakat Konawe untuk selalu berhati-hati dalam setiap aktivitas, apalagi yang berhubungan dengan masalah listrik.

“Selama ini kebanyakan musibah kebakaran itu berasal dari korsleting listrik, jadi saya harap semua masyarakat untuk tetap waspada dan berhati hati dalam setiap aktivitas yang dilakukan apa lagi saat menggunakan alat-alat yang berhubungan dengan listrik,” ujar Kerry.

(Baca Juga : Bupati Konawe Lakukan Prosesi Mosehe Wonua)

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Ferdinand juga mengatakan bahwa bantuan yang diberikan tersebut merupakan bentuk perhatian Pemda Konawe terhadap korban kebakaran. Bantuan tersebut diambil dari dana darurat bencana yang berasal dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Konawe.

“Bantuan itu kita serahkan kepada mereka yang memang benar-benar kena bencana, karena kita juga tahu tidak ada orang yang menginginkan bencana itu, jadi bantuan ini kita serahkan kepada kepala kelurga yang bertanggung jawab terhadap keluarganya,” jelas Ferdinand usai pemberian bantuan.

Ferdinand juga mengakui saat ini pemerintah daerah kekurangan unit kendaraan pemadam kebakaran. Untuk sementara pemda telah merencanakan pengadaan 2 unit mobil pemadam di tahun 2020 nanti.

“Dua unit pemadam yang kita punya itu sudah tua-tua semua. Di tahun 2020 kita sudah anggarkan untuk pengadaan dua unit mobil pemadam. Sebenarnya kalo lihat jumlah unit pemadamnya dengan luas wilayah yang ada memang tidak seimbang, tapi kita mencoba secara bertahap untuk melengkapi semua alat-alat standar yang ada di konawe khususnya pemadam kebakaran sendiri,” ujarnya

Sebelumnya, pada Sabtu (2/3/2019) kemarin kebakaran terjadi di Jalan Sabandara, Kelurahan Puunaha Kecamatan Unaaha, Konawe. Api menghanguskan tiga buah Rumah Toko (Ruko) dan beberapa warung makan yang berada sangat dekat dengan tiga ruko tersebut.

Kebakaran tersebut terjadi sekira pukul 15.30 Wita. Hingga Pukul 21.08 Wita api belum bisa dipadamkan. Satu unit mobil pemadam kebakaran dari pemda setempat dan satu unit kendaraan water canon Polres Konawe diturunkan guna membantu memadamkan api tersebut. (A)

 


Kontributor : Iksan
Editor : Muhammad Taslim

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib