iklan zonasultra

Pemda Konawe Tetapkan Status Darurat Antisipasi Virus Corona

Pemda Konawe Tetapkan Status Darurat Antisipasi Virus Corona
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Pemerintah Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi menetapkan status darurat non-bencana di seluruh wilayah Konawe. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Keputusan penetapan status darurat corona ini diambil usai rapat bersama dengan sejumlah pimpinan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) di aula rapat bupati Konawe, yang dipimpin Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, Senin (16/3/2020.

Baca Juga : Darurat Corona, Mulai Besok Sekolah di Konawe Diliburkan

iklan zonasultra

Kery menyebut sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan adanya warga Konawe yang dinyatakan positif corona. Namun Pemda tidak ingin terlalu gegabah, sehingga berdasarkan hasil rapat bersama diputuskan untuk menetapkan status darurat corona sebagai uapaya pencegahan.

“Kita tidak ingin ada masyakat Konawe yang terpapar corona, makanya kita segera mengambil tindakan ini. Dan kami sudah membentuk tim yang khusus melakukan pemantauan di tempat-tempat yang kami anggap rawan terpapar,” ujarnya.

Ia juga mengimbau agar semua pimpinan organisasi pimpinan daerah (OPD) lingkup Pemda Konawe mengurangi perjalanan dinas keluar daerah apa lagi luar negeri. Imbauan ini juga berlaku bagi masyarakat Konawe untuk menunda rencana perjalanan keluar daerah jika itu tidak terlalu penting.

Untuk Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di PT Virtue Dragon Nikel Industri (VDNI) dan juga perusahaan tambang yang ada di Konawe, Kery mengaku telah memerintahkan beberapa instansi untuk segera memberlakukan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 29 tahun 2019 tentang Pemeriksaan Kesehatan TKA terkait Penyakit Menular.

Baca Juga : Waspada Virus Corona, Bupati Konawe Usul Stop Pengiriman TKA

Meski begitu, Pemda Konawe belum mau mengeluarkan keputusan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bekerja di rumah. Bahkan Pemda Konawe juga belum berencana menutup tempat hiburan masyarakat.

“Saya minta masyarakat untuk tidak panik dalam menyikapi wabah virus ini, lakukan kegiatan produktif seperti biasa, meskipun harus tetap waspada dengan mengikuti anjuran pencegahannya,” ujarnya. (b)

 


Kontributor : Restu Tebara
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib