Pemda Konkep Dapat Jatah 15 Unit Mobil dari Kementrian Desa

Kadis Perhubungan Konkep Harsin Abdul Rahim
Harsin Abdul Rahim

ZONASULTRA.COM, LANGARA – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) mendapat bantuan kendaraan roda empat sebanyak 15 unit pick-up dari Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) pada tahun anggaran 2018 ini.

“Kemarin kita coba usul kapal tapi agak rugi karena masyarakat tidak mampu membiayai, makanya kita pilih transportasi darat sehingga kita diberikan 15 unit mobil pick-up,” kata Kadis Perhubungan Konkep, Harsin AR di Langara, Jumat (13/8/2018).

Lebih lanjut kata dia, bantuan yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) itu, akan dibagikan kepada 15 Desa di Konkep yang kemudian akan dimanfaatkan oleh Badan Usaha Milik Desa (Bum-Des) di daerah itu.

“kita akan hibahkan ke Bum-Des yang telah kita tuntun dan memenuhi syarat, pemanfaatannya supaya jadi penopang hidup dari segi otonomi khusus, kemudian juga dari sisi kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Mantan Camat Wawonii barat ini memastikan, pembagian kendaraan tersebut nantinya berdasarkan hasil verifikasi kepada desa di tujuh Kecamatan yang ada di Konkep.

“Disini kan ada tujuh kecamatan, jadi kita bagi rata. Dua di Wawonii Utara, dua di Wawonii Timur Laut, dua di Wawonii Timur, dua di Wawonii Tenggara, dua di Wawonii Selatan, dan 3 unit di Wawonii Barat,” rincinya.

Dia menyebut, ketiga desa di Kecamatan Wawonii Barat yang mendapatkan bantuan tersebut diantaranya Desa Mata Langara, Desa Langara Bajo, dan Desa Kawa-Kawali.

Menurut dia, pihaknya telah menjalin komunikasi kepada pihak ketiga berkait rencana pengadaan mobil tersebut. Tentunya sembari menunggu kucuran anggaran Pusat yang diperkirakan keluar pada bulan Agustus mendatang.

(Baca Juga : Pemda Konkep Diduga Sembunyikan “Dana Siluman” dalam APBD 2018)

“Insya Allah kita sudah kontrak dengan pihak Toyota, jenis roda empatnya ini pick-up Hilux Single Kabin. Anggarannya sekitar Rp. 3.750.000.000,” ucapnya.

Untuk pengawasan kendaraan angkutan darat tersebut lanjut dia, pihaknya akan membuat kesepahaman antara Pemda setempat dan pengguna (Bum-Des) terkait penggunaan kendaraan tersebut. (C)

 


Reporter : Arjab Karim
Editor : Rustam
loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib