iklan zonasultra

Pemda Konut Dapat 378 Unit Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Konut, Azis Muslim
Azis Muslim

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Utara (Konut) melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perwaskim), mendapat 378 unit Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Kepala Dinas Perwaskim Konut Azis Muslim mengungkapkan, bantuan itu disalurkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan. BSPS diperoleh dua tahap dengan sumber anggaran berbeda.

Tahap pertama, BSPS diberikan sebanyak 128 unit melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sekitar Rp2,3 miliar. Selanjutnya 250 unit melalui alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dengan nilai sekitar Rp4,3 Miliar. Totalnya adalah Rp6,6 miliar, yang awal tahun 2020 masuk tahap realisasi ke masyarakat.

iklan zonasultra

Baca Juga : PT GLI dan Pemda Konut Sepakat Bangun Pabrik Smelter

“Tiap rumah memperoleh bantuan sebanyak Rp17,5 juta, ini ditransfer langsung melalui rekening penerima bantuan. Jumlahnya itu, sudah termasuk ongkos tukang. Rp15 juta untuk bahan bangunan dan Rp2,5 juta untuk biaya tukang,” kata Azis Muslim, Minggu (5/1/2020).

Diungkapkannya, penerima bantuan ketegori rumah miskin itu tidak serta-merta diberikan begitu saja kepada masyarakat, melainkan atas dasar verifikasi data oleh pihak Kementerian yang dikeluarkan melalui Surat Keputusan Nomor RU.02-Dr/1109 perihal alokasi pemberdayaan masyarakat. Pelaksanaannya pun, merujuk pada petunjuk teknis yang telah ditetapkan oleh kementerian.

Ruksamin
Ruksamin

Sementara itu, Bupati Konut Ruksamin menyampaikan bahwa bantuan tersebut diperoleh melalui jalur koordinasi ke kementerian dengan waktu sekitar 4 bulan lamanya. Hasil perjuangan yang diperoleh itu, selanjutnya akan diberikan kepada masyarakat yang berhak secara gratis tanpa ada pungutan biaya.

“Model bantuan BSPS ini adalah sistem swadaya antara pemerintah dan masyarakat. Jadi, Pemerintah menyediakan dana bantuan sebesar Rp 17,5 juta selanjutnya dikerjakan oleh masyarakat. Inilah upaya kami yang terus mendorong program-program peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk penyaluran donasi terbagi di 5 kecamatan. Untuk BSPS yang melalui DAK 128 unit berada di Kecamatan Asera, Motui, Andowia. Sedangkan bantuan BSPS melalui APBN sebanyak 250 unit diserahkan ke Kecamatan Langgikima dan Oheo.

“Tentunya harapan kami bantuan yang segera diberikan ini dapat termanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dan memberikan perubahan tempat tinggal masyarakat kita yang tadinya tidak layak huni, sudah bisa jadi layak huni,” terangnya. (B)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib