iklan zonasultra

Pemda Konut Fokus Tingkatkan Jalan Produksi Perikanan

Pemda Konut Fokus Tingkatkan Jalan Produksi Perikanan
PENINJAUAN - Bupati Konut, Ruksamin didampingi Kadis PUPR Konut, Majerudin dan jajara OPD Konut meninjau pengaspalan jalan di Kecamatan Sawa dan Molawe.(Jefri/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) fokus meningkatkan infrastruktur jalan produksi perikanan di daerah itu.

Bupati Konut, Ruksamin mengatakan peningkatan akses jalan merupakan hal terpenting untuk memberikan kelancaran, keselamatan dan kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Iklan Zonasultra

Selain itu, juga menjadi faktor penunjang peningkatan ekonomi dana usaha masyarakat. Terlebih, sebagian besar penduduk diwilayah Bumi Oheo itu berprofesi sebagai nelayan, pedagang dan petani.

Baca Juga : 2020, Pemda Konut Prioritaskan Program Kerja Pro Rakyat

“Seperti di Kecamatan Molawe setelah kita bangun pasar moderennya sekarang kita perluas dan aspal lagi jalannya, ini kan jalur prekonomian masyarakat. Sama halnya juga di Kecamatan Sawa, disitu daerah prikanan yang menjadi lokasi perputaran ekonomi masyarakat. Inilah yang terus kami majukan melalui peningkatan infrastruktur. Kalau aksesnya rusak, jelas akan berpengaruh besar terhadap perputaran ekonomi dan membuat pemodal berpikir masuk,”kata Ruksamin dilokasi pengaspalan jalan Kecamatan Molawe, Selasa (10/12/2019).

Disampaikan, setelah berhasil menjalankan program kesehatan gratis melalui kerjasama BPJS dan peningkatan sumber daya manusia melalui beasiswa pendidikan, pihaknya saat ini fokus pada peningkatan infrastruktur bangunan umum, ibu kota wanggudu dan jalan diarea pedesaan.

“Saya baru menjabat 3 tahun lebih, program-program kerja kita lakukan secara bertahap mulai pembangunan sumber daya manusia dan kesehatan. Sekarang kita genjot lagi infrastrukturnya,”ujarnya.

Ditempat itu, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Konut Majeruddin mengungkapkan, di 2019 ini tercatat pengerjaan jalan dilakukan dibeberapa tempat dengan jarak masing-masing sekira puluhan kilo meter. Lokasinya antara lain, wilayah ulu sawa, sawa, lembo, bandaeha tembus molawe, watuwula/alo-alo, awila puncak, pariama, dan langgikima menuju kawasan lameruru.

“Pengaspalannya kami pakai bahan kualitas terbaik sehingga tahan lama dan diawasi langsung pak bupati. Ini akan terus ditingkatkan dan dituntaskan sampai 2020 nanti, sehingga seluruh wilayah di 13 kecamatan tidak ada lagi jalan yang tidak teraspal,”terangnya.

Baca Juga : Pemda Konut Dapat Bantuan BSPS Rp2,3 Miliar

Sementara itu, Darming salah satu warga Kecamatan Molawe memberikan apresiasi atas kepedulian dan perhatian pemerintah setempat yang terus memperjuangkan program peningkatan kesejatraan masyarakat. Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan itu tak hanya mempermudah akses tapi juga memberikan keselamatan bagi pengendara yang melintas.

“Kami berterima kasih pak. Jalan ini sangat yang utama, aplagi kita ini pedagang kalau jalannya bagus kami juga merasa mudah untuk berdagang. Apalagi sekarang, pasar tempat kami menjual sudah di bangun yang modern ini sangat baik untuk peningkatan ekonomi masyarakat,”tukasnya.(b)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Abd Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib