iklan zonasultra

Pemda Konut Jalin Kerja Sama dengan PT Telkom Bangun Fiber Optik Udara

Pemda Konut Jalin Kerja Sama dengan PT Telkom Bangun Fiber Optik Udara
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) menjalin kerja sama dengan PT Telkom Indonesia untuk membangun fiber optik udara guna memaksimalkan koneksi jaringan internet.

Kepala Bidang Informatika Dinas Kominfo Konut, Ilham mengatakan, niatan PT Telkom untuk berinvestasi di Bumi Oheo itu juga telah mendapat restu dari Bupati Konut Ruksamin. Saat ini pembangunan fiber optik udara dalam proses dan akan ditempatkan di wilayah ibu kota Wanggudu, tepatnya di Kelurahan wanggudu.

“Ini menjadi hal yang positif bagi kita di Konut dan merupakan sebuah langkah baik untuk membangun kemitraan dengan PT Telkom. Pak Bupati memerintahkan untuk mengawal kegiatannya agar tepat pada tempatnya dan tidak melanggar prosedur,” kata Ilham saat dihubungi, Minggu (9/8/2020).

Sebelumnya pendirian bentangan fiber optik udara ini sempat tertunda lantaran ada informasi beredar jika pihak PT Bangtelindo sebagai anak perusahaan PT Telkom dimintai sejumlah uang dari Dinas Kominfo Konut untuk kelancaran kegiatan.

Namun, lanjut pendiri LSM Lempeta ini, setelah kedua belak pihak saling bertemu ternyata kejadian itu sama sekali tidak benar. Pihak PT Bangtelindo juga telah melakukan permintaan maaf ke Pemda Konut, baik secara lisan maupun lewat media atas tudingan yang sempat dilemparkan ke Diskominfo Konut.

Kepala Bidang Informatika Dinas Kominfo Konut, Ilham
Ilham

“Dinas Kominfo dalam memberikan pelayanan tidak pernah melakukan pungutan sepeser pun di luar dari ketentuan yang ada. Kami selalu terbuka jika ada investor yang mau masuk di Konut. Yah, jelaslah kami merasa dirugikan adanya informasi begitu. Makanya kita minta mereka melakukan klarifikasi kembali, terus lanjutkan kegiatannya,” ujarnya.

Sementara Manager Acces Optima dan Maintenance Witel Sultra PT Telkom Indonesia, Dedi Isnandar membenarkan kejadian itu. Kata dia, polemik yang sempat terjadi antara Bangtelindo dengan Diskominfo disebabkan miss komunikasi.

“Semua hanya miss komunikasi. Sama sekali tidak ada permintaan uang atau hal-hal lainnya yang merugikan pihak kami,” tegasnya.

Dia menambahkan, PT Telkom mengapresiasi sikap Bupati Konut yang merespon dengan baik dan memberikan kesempatan PT Telkom berinvestasi di Konut. Pemda Konut akan berperan sebagai pengawasan pelaksanaan pendirian fiber optik udara.

“Iya benar alhamdulillah kami sudah dapat izin untuk melanjutkan pembangunannnya. Izin-izin sementara di proses di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Kegiatan ini masuk bangunan khusus dan pakai IMB,” tukasnya. (b)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib