iklan zonasultra

Pemda Konut Kembangkan 4 Desa Wisata

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Konut, Yade Rianto
Yade Rianto

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara (Konut) saat ini tengah mengembangkan 4 Desa Wisata di wilayah itu. Antara lain, Desa Labengki, Wawolesea, Taipa dan Pudonggala.

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Konut, Yade Rianto mengatakan, pegembangan desa wisata di 2018 menjadi salah satu progres utama diintansinya untuk terus meningkatkan pengunjung wisatawan dan kemajuan pariwisata di Konawe Utara.

Empat lakosi tersebut, lanjut pria berkacamatan ini, manjadi pilihan karena potensinya. Kedepan menurut Yade pengembangan desa wisata diharapkan memberikan multiplayer effect bagi masyarakat dan daerah.

Diungkapkan, pihaknya saat ini tengah melakukan pembenahan dan pengelolaan fasilitas desa wisata seperti infrastruktur jalan, pusat informasi, pusat cendra mata, kios kuliner, kasebo dan sarana prasarana lainnya. Anggaran yang digunakan bersumber dari APBD sebesar Rp2 miliyar.

“Labengki terkenal dengan pulaunya, Wawolesea terkenal dengan air panasnya dan Taipa juga Pudonggala dikenal dengan wisata laut serta peninggalan sejarah, inilah yang membuat daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang masuk, “jelas Yade menambahkan

Dibeberkan, saat ini kujungan para wisatawan di daerah kempemimpinan Ruksamin-Raup itu terus mengalami peningkatan dari berbagai negara dan daerah. Untuk manca negara berasal dari negara Tunisia, Prancis, Rusia, Amerika dan Korea Selatan. Sedangkan dari wisatawa nusantara, didominasi wisatawan dari Jakarta dan Pulau Jawa.

“Di 2018 ini sejak Januari sampai sekarang terus masuk berkunjung ada yang 32 orang, 40 orang sampai 80 orang. Yah, tentunya kami optimis dengan terus dikembangkannya potensi wisata yang ada di Konut ini akan memberikan kemajuan untuk daerah dan kesejahteraan bagi masyarakat dengan terbukanya lapangan kerja,”terangnya.

“Kami harap juga dukungan dan kerjama sama masyarakat Konut. Karena kesuksesan yang kita capai tak lepas dari dukungan pemerintah dan masyarakat,”pungkas Yade menutup penjelasanya terkait sektor pariwisata di Konut. (B)

 


Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Tahir Ose
iklan halo sultra 2018

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib