iklan zonasultra

Pemda Konut, Segera Bangun 7 Rumah Korban Banjir Bandang di Langgikima

Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Ruksamin
Ruksamin

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut) berjanji akan segera mendirikan rumah bagi 7 korban banjir bandang di Desa Polora Indah yang rumahnya hanyut saat bencana banjir pada Senin lalu (21/5/2018) lalu.

“Kita akan bangunkan rumah, tapi harus ada tahapan. Itu namanya rehabilitasi dan konstruksi,” kata Ruksamin saat ditemui diacara buka bersama dengan PT Antam di rumah jabatan Bupati Konut, Sabtu malam (2/6/2018).

Mantan Ketua DPRD Konut itu menambahkan, selain tujuh rumah yang hanyut itu infrastruktur yang rusak akibat musibah banjir juga akan ditata dan dibangun kembali.

“Kita akan lakukan semaksimal mungkin, ini kita akan lakukan bertahap sesuai aturan. Yang rusak rumahnya, Inza Allah saya jamin akan kita bangunkan kembali rumah,” ujarnya.

(Berita Terkait : Ini Penyebab Banjir Dua Kecamatan di Konut)

Namun, lanjut Ruksamin sebelum dilakukan pembangunan rumah terlebih dahulu bakal dilakukan sosialisasi kepada warga yang rumahnya hanyut. Mengingat dalam pembangunan itu pemda bakal melakukan relokasi rumah warga ke tempat yang lebih aman.

“Ini yang akan kita lihat dulu, kalau memang disitu sekitaran bantaran sungai kita harapkan kesadaran warga untuk tidak di situ lagi. Tapi nanti kita komunikasikan, baik antara warga, pemerintah desa dan kecamatan,” tutup Ruksamin.

Seperti diberitakan tiga desa di Konawe Utara diantaranya Desa Polara Indah Kecamatan Langgikima, Landawe dan Tamba Kua Kecamatan Landawe diterjang banjir bandang pada pertengahan Mei 2018. (B)

 


Reporter : Murtaidin Mumu
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib