iklan zonasultra

Pemda Konut Terima Bantuan 27 Tenaga NS dari Kemenkes

Pemda Konut Terima Bantuan 27 Tenaga NS dari Kemenkes
TENAGA KESEHATAN NS - Jajatan Pemda Konut saat menerima tim tenaga ahli kesegatan Nusantara Sehat (NS) yang diperbantukan dari Kementerian Kesehatan untuk peningkatan pelayanan dibidang kesehatan masyarakat bertempat di Aula Kantor Dinas Kesehatan Konut. (Jefri/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM,WANGGUDU-Pemerintah Daerah (Pemda), Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Konut memperoleh bantuan 27 orang tenaga Nusantara Sehat (NS) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kepala Dinkes Konut, Nurjannah Efendi mengatakan, Tim NS yang diperbantukan itu bekerjasama dengan para medis akan bertugas di daerah untuk melakukan pelayanan kesehatan masyarakat, sesuai dengan keahlian disiplin ilmu yang dimiliki.

“Tim Nusantara Sehat (NS) ini ada yang dari ahli kebidanan, farmasi, gizi, analis, dan kesehatan masyarakat. Tugas mereka bersinergi dengan tim medis yang ada di puskesmas melakukan pelayanan, perawatan dan pengobatan kepada masyarakat,”kata Nurjannah di ruang kerjanya, Rabu (6/11/2019).

iklan zonasultra

Dijelaskan, 27 Tim NS yang telan diterimanya secara resmi melalui perwakilan Kemenkes, selanjutnya langsung di tempat di 5 puskesmas wilayah itu. Mereka memberikan pelayanan kesehatan. Antara lain, 5 orang di Puskesmas Tetewatu, 7 orang di Tapunggaya, 6 orang di Laronanga Pantai, 6 orang di Lasolo Kepulauan, 3 orang di Matandahi,

“Tim NS ini, berada di bawah naungan Kementerian Kesehatan yang sebelumnya lulus dalam tes prekrutan secara online. Kemudian dibekali ilmu pengetahuan dan langsung diterjunkan ke daerah. Jadi, sistemnya mereka kontrak selama dua tahun untuk bekerja di Konut memberikan pelayanan kesehatan,”ujarnya.

Diungkapkan, penempatan tim NS di wilayah Bumi Oheo itu sebagai wujud pemerintah daerah guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Pihaknya juga terus melakukan koordinasi ke Kemenkes untuk penambahan tenaga NS sehingga dapat mengisi di 22 puskemas.

Ditambahkan, selain mendorong pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), fasilitas sarana dan prasarana, jaminan kesehatan gratis untuk 26 ribu masyarakat Konut juga diprogramkan melalui kerjasama BPJS cabang Konut.untuk memberikan jaminan kesehatan.

“Alhamdulillah berkat dukungan dan suport yang luar biasa dari pimpinam daerah sehingga pelayanan kesehatan di Konawe Utara semakin baik dan maju. Yah, dengan adanya tenaga NS kita sangat terbantu sekali untuk maksimalkan pelayanan kita di masyarakat,” tukasnya. (b)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor : Kiki
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib