Honda

Pemda Mubar Anggarkan Rp1,1 Miliar Bangun Taman dan Tugu Kuda

Desain gambar Taman dan Tugu Patung Kuda Punto
Desain gambar Taman dan Tugu Patung Kuda Punto

ZONASULTRA.COM, LAW0RO – Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) menganggarkan Rp1,1 miliar dari APBD 2019 untuk membangun taman dan tugu patung kuda di Punto, Kecamatan Lawa. Lokasinya berada di simpang tiga jalan kabupaten Punto-Hondola.

“Kita sudah masukkan di ULP untuk dilakukan lelang. Insyaallah dalam September ini hasil lelangnya sudah keluar, dan otomatis taman dan tugu patung kuda di Punto sudah mulai dikerjakan akhir bulan ini dengan masa kerja 120 hari,” terang Kepala Dinas PUPR Mubar, Karimin, di ruang kerjanya, Senin (2/9/2019).

Menurut Karimin, tugu kuda ini direncanakan memiliki diameter 20 meter dan tinggi lima meter dengan ornamen sekumpulan kuda. Ornamen kuda dipilih sebagai simbol bahwa Muna Barat memiliki ketangkasan, kecepatan dan kesigapan melayani masyarakat, serta simbolisasi percepatan pembangunan Muna Barat yang melesat bak kuda yang tangguh berlari.

iklan zonasultra

“Nanti ada lima ekor kuda. Jadi nanti model kuda ini ada yang menghadap ke jalan menuju Punto-Hondola, tetapi ada juga model kudanya yang miring sedikit serta kuda tersebut posisinya bermacam-macam yakni ada posisi menendang, angkat kaki depannya, posisi berdiri biasa, posisi lari, dan lainnya,” jelas Karimin.

(Baca Juga : Tahun Ini Pemda Mubar Dapat Bantuan Bedah Rumah 250 Unit)

Dia menambahkan, patung kuda ini akan dipesan dari Jawa. Panjang kuda dari ekor sampai kepala itu empat meter dan tinggi kuda sekitar tiga meter.

“Jadi nanti, selain tugu patung kuda kita juga bangun taman dan rest area yang bertuliskan Kabupaten Muna Barat. Jadi kalau kita dari arah Kota Raha, kita melihat tulisan Kabupaten Muna Barat,” kata Karimin. (b)

 


Kontributor: Kasman
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib