iklan zonasultra

Pemda Muna Alokasikan Rp142 Juta Bantu Transportasi 57 JCH

Awal Agustus, 115 CJH Asal Konawe Diberangkatkan
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, RAHA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengalokasikan anggaran sebesar Rp142 juta untuk bantuan transportasi 57 jemaah calon haji (JCH) di daerah itu. Tiap JCH mendapatkan bantuan sebesar Rp2,5 juta.

Panitia Pemberangkatan JCH Kementerian Agama (Kemenag) Muna Yusuf Panay mengatakan, setiap jemaah membutuhkan transportasi Rp3,5 juta. Namun, pemda hanya menanggung Rp2,5 juta saja sesuai dengan kemampuan daerah. Sisanya akan ditanggung oleh JCH itu sendiri.

Baca Juga : Puluhan Tahun Menabung, Kakek Penjual Gorengan di Baubau Akhirnya Naik Haji

iklan zonasultra

“Sebenarnya anggaran transpor dibiayai sepenuhnya oleh daerah, tapi itu disesuaikan kemampuan. Tapi angka Rp2,5 juta itu semua jamaah sudah bersyukur,” kata Yusuf ditemui Senin (15/7/2019).

Yusuf menambahkan, tahun ini Kabupaten Muna mendapatkan kuota JCH sebanyak 57 orang, terdiri atas 18 orang laki-laki dan 39 orang perempuan. Jumlah ini mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu sebanyak 65 orang. Penurunan kuota JCH tahun ini, kata Yusuf, merujuk pada kuota provinsi.

“Kecamatan Katobu menjadi penyumbang terbanyak pemberangkatan JCH sebanyak 31 jemaah, menyusul Kecamatan Batalaiworu sebanyak enam orang, dan Kecamatan Kabangka sebanyak lima orang,” terang Yusuf.

Baca Juga : Menabung di Karung Jagung, Kisah Nenek di Busel Naik Haji dari Hasil Tani

Ia menambahkan, JCH tertua Kabupaten Muna tahun ini dipegang oleh Hadia (82) dari Kecamatan Kabangka dan JCH termuda bernama Usriana (37) dari Kecamatan Katobu.

JCH Muna dijadwalkan akan berangkat pada 24 Juli mendatang bersama JCH asal Bombana, Kolaka Timur, Kolaka Utara, dan Buton Utara yang tergabung di kloter 26. (b)

 


Kontributor: Nasrudin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib