iklan zonasultra

Pemda Wakatobi Bakal Sosialisasi Perda Baca Tulis Alquran di Safari Ramadan

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Wakatobi Sahibuddin Najib
Sahibuddin Najib

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Pemerintah Kabupaten Wakatobi dalam waktu dekat bakal menggelar safari Ramadan sekaligus mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 14 tentang Baca Tulis Alquran di sejumlah kecamatan yang tersebar di daerah itu.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Wakatobi Sahibuddin Najib mengatakan, safari Ramadan akan dimulai pada 15 Ramadan. Dimulai dari Pulau Wangi-wangi (Kecamatan Wangi-wangi dan Wangi-wangi Selatan) selanjutnya Wakatobi dua yakni di Pulau Kaledupa, Tomia, dan Binongko.

Lanjut Sahibuddin, kemungkinan besar untuk setiap pulau di Wakatobi dua mereka akan safari Ramadan selama dua malam.

“Dalam artian satu malam satu kecamatan, kemudian di Tomia kita akan pusatkan di Tomia Timur Desa Tiroau, di salah satu pesantren. Di situ kita akan buka puasa bersama dan sekaligus sosialisasi penerapan Perda Nomor 14 tentang Baca Tulis Alquran,” terang Sahibuddin di Kantor Sekretariat Daerah Wakatobi di Kecamatan Wangi-wangi, Rabu (16/5/2018).

Dikatakan, kepala organisasi perangkat daerah (OPD) juga akan ikut serta dalam safari Ramadan ini. Tetapi polanya tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Misalnya tahun ini safari Ramadan katakanlah di Kecamatan Binongko, maka bupati berada di Masjid Raya kecamatan. Dan kepala OPD menyebar di seluruh masjid yang ada di Kecamatan Binongko,” kata Sahibuddin.

Selain dalam hal keagamaan, kepala OPD juga dijadwalkan memberikan informasi terkait tugas pokok dan fungsi kerja masing-masing. Diharapkan kepala OPD dalam memberikan ceramah selalu mengacu pada tupoksi instansinya. Namun fokus utamanya adalah keagamaan.

“Misalnya dinas pendidikan berbucara tentang pentingnya pendidikan dan sebagainya, namun tetap akan dihubungkan dengan keagamaan,” ujarnya. (B)

 


Reporter: Nova Ely Surya
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib