iklan zonasultra

Pemda Wakatobi Terima Bantuan Mobil Perpustakaan Keliling

Pemda Wakatobi Terima Bantuan Mobil Perpustakaan Keliling
PENYERAHAN BANTUAN - Pemberian bantuan mobil perpusatakaan keliling dari Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando Kepada Pemda Kabupaten Wakatobi. Pemberian bantuan tersebut dilakukan secara simbolis di Wakatobi, Senin, (18/12/2017). (NOVA ELY SURYA/ZONASULTRA.COM)

Pemda Wakatobi Terima Bantuan Mobil Perpustakaan KelilingPENYERAHAN BANTUAN – Pemberian bantuan mobil perpusatakaan keliling dari Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando Kepada Pemda Kabupaten Wakatobi. Pemberian bantuan tersebut dilakukan secara simbolis di Wakatobi, Senin, (18/12/2017). (NOVA ELY SURYA/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Pemerintah Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapatkan bantuan satu unit mobil pepustakaan keliling (Perpusling) dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Mobil perpustakaan keliling itu juga dilengkapi dengan buku-buku

Bantuan mobil perpusling tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando di Wakatobi Senin 18 Desember 2017.

“Kami datang untuk memberi bantuan mobil perpustakaan keliling beserta buku-bukunya, sekaligus menandatangani komitmen bersama dengan bupati dan juga para kepala desa guna mengembangkan perpustakaan desa,”ungkapnya

Pada kesempatan itu dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen kepala desa perwakilan empat pulau yang ada di Wakatobi untuk menyelenggarakan pelayanan perpustakaan desa.

Pemda Wakatobi Terima Bantuan Mobil Perpustakaan Keliling

“Ini sudah diatur dalam undang-undang nomor 27 tentang perpustakaan dan didalam PP nomor 44 tahun 2016 tentang kewenangan desa dan juga peraturan Menteri Desa nomor 19 tahun 2007 tentang kewenangan desa mengembangkan perpustakaan,”terangnya

Lebih lanjut Muhammad Syarif Bando mengharapkan dengan adanya mobil perpustakaan keliling di Wakatobi bisa menumbuhkan minat baca baik di kalangan pelajar maupun masyarakat Wakatobi.

Menurutnya sebagai daerah yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah membutuhkan pengelolaan yang baik, tentu dengan didukung dengan kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Dan salah satu cara menciptakan SDM yang handal adalah dengan menumbuhkan minat baca.

“Mobil perpustakaan keliling ini kan bagus karena bisa berpindah-pindah. Menjangkau daerah-daerah yang belum tersentuh dengan buku. Kehadiran perpustakaan keliling juga bisa menambah pengetahuan masyarakat,” jelas Syarif Bando. (B)

 

Reporter : Nova Ely Surya
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib