Peminat SBMPTN di USN Kolaka Capai 1.101 Orang

179
Peminat SBMPTN di USN Kolaka Capai 1.101 Orang
USN - WR 1 USN Kolaka, Prof. Ruslin Hadanu (kemeja lengan panjang) menerima berita acara penyerahan berkas ujian SBMPTN di ruang Pola kampus USN Kolaka, Senin (7/5/2018). (Abdul Saban/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Sejak dibuka tanggal 27 April lalu, peminat Calon Mahasiswa Baru (Camaba) yang mendaftar di Universitas Negeri Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mencapai 1.101 orang.

Wakil Rektor (WA) 1 Bidang Akademik USN Kolaka Prof. Ruslin Hadanu mengatakan, jumlah itu tersebar dari 27 provinsi yang ada di Indonesia dengan komposisi 40 persen dari daerah penyangga yakni provinsi Sultra (Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Bombana, Buton Selatan dan Muna Barat) dan Sulawesi Selatan.

“Sisanya terbagi dalam beberapa kabupaten yang ada di Sultra seperti kabupaten Konawe, Muna, Konawe Selatan, Konawe Utara dan kota Kendari serta Baubau. Dan Sebagian besar juga berasal dari beberap provinsi di Sultra,” kata Ruslin Hadanu usai menerima secara simbolis berkas soal ujian SBMPTN di ruang Pena, kampus USN Kolaka, Senin (7/5/2018).

Guru besar Kimia di Universitas Patimura Ambon itu menjelaskan, untuk tahun ini, pihaknya hanya membuka kuota 2.500 orang Mahasiswa Baru (Maba) yang akan bergabung di USN Kolaka. Jumlah itu sesuai dengan daya tampung gedung perkuliahan yang ada.

Sedangkan untuk kuota penerimaan SBMPTN kali ini, USN Kolaka sendiri hanya membuka 40 persen dari jumlah kuota keseluruhan pendaftar, baik itu melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), SBMPTN dan Seleksi Mandiri (SM). Dengan asumsi, kuota SNPTN 40 persen, dan SM 20 persen.

(Baca Juga : Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, USN Kolaka Gelar Debat Bahasa Inggris)

“Kemarin untuk SNPTN, jumlah yang lolos ada 500 an orang. Jika ternyata jumlah pendaftar yang lulus di USN Kolaka melalui SBMPTN tidak mencapai kuota 40 persen yang kita siapkan, maka jumlah kemungkianan kuota SM menjadi 30 persen,” terang Ruslin.

Sementara untuk SBMPTN, Ruslin juga memastikan pihaknya telah siap melaksanakan ujian yang akan diselenggarakan pada hari Selasa (8/5/2018) besok. Sebanyak 100 peserta akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan menyaiapkan 10 komputer sebagai cadangan. Sedangkan sisanya akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC).

Untuk diketahui, jumlah peserta SBMPTN yang mengikuti ujian di USN Kolaka mencapai 2583 orang. Jumlah ini terdiri dari Camaba yang mendaftar di perguruan tinggi lain yang ada di Indonesia, namun melaksankan ujian di kampus merah maron itu. (*)

 


Penulis : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib