iklan zonasultra

iklan zonasultra

Pemkab Bombana Target Bangun 822 Unit Baruga Moico

Pemkab Bombana Target Bangun 822 Unit Baruga Moico
PEMKAB BOMBANA - Bupati Bombana, Tafdil bersama Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Sulaiman dalam uji coba material pembangunan Baruga Moico untuk masyarakat miskin di daerah itu. (MUHAMMAD JAMIL/SONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RUMBIA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) menargetkan pembangunan 822 unit rumah “Baruga Moico” untuk masyarakat miskin di daerah itu. Rumah ini akan di bangun di 22 Kecamatan dengan masing masing desa/kelurahan mandapat jatah dari bantuan itu.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiaman dan Kawasan Pemukiman Bombana, Sulaiman mengatakan, pembangunan Baruga Moico ditujukan untuk masyarakat yang memiliki rumah tak layak huni di seluruh zona wilayah yakni Rumbia, Poleang dan Kabaena.

“Kita targetkan dua unit per desa dengan jumlah 722 unit dari 121 desa definitif termasuk untuk Kecamatannya Kemudian, 100 unit lainnya akan dibangun Pemda di lahan kumuh di Kelurahan Poea wilayah Kecamatan Rumbia Tengah dan Kecamatan Poleang,” terang Sulaiman di Rumbia, Kamis (24/5/2018)

Rencananya, untuk pembangunan di desa, semua wajib menyiapkan lokasi target pembangunannya. Untuk target 100 unit dari Pemda, Kabaena belum masuk dalam kategori ini karena lahan pembangunan yang tak memadai.

(Baca Juga : Ini Arah Kebijakan Pembangunan Pemkab Bombana di Tahun 2019)

Sulaiman melanjutkan, Baruga Moico ini akan dibangun setiap tahunnya hingga akhir periode ini. Meski saat ini pihaknya masih melakukan uji coba, pihaknya pula beriringan melalui survey data masyarakat miskin. Sebab, pihaknya masih merujuk pada data TNP2K. Sementara, ada banyak penambahan masyarakat miskin di daerah itu.

” Kita takan etap data ulang semua KK Miskin. Sambil kita uji coba, kita lihat juga metodologi pembangunannya yang meliputi kelayakan dan anggatannya kita serahkan untuk dikaji di dinas PU,” ujarnya. (B)

 


Reporter : Muhammad Jamil
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib