iklan zonasultra

Pemkab Busel Anggarkan Rp500 Juta untuk Seleksi CPNS

Sekertaris Daerah (Sekda) Pemeritah Daerah (Pemda) kabupaten Busel, La Siambo
La Siambo

ZONASULTRA.COM, BATAUGA – Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) belum menetapkan Kuota penerimaan Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS). Namun pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel), Sulawesi Tenggara telah menganggarkan biaya operasional seleksi itu.

Anggaran senilai Rp500 juta itu merupakan dana persiapan penerimaan CPNS dan telah diporsikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belajan Daerah Perubahan (APBD-P) tahun ini.

Penyiapan anggaran itu dibenarkan oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Pemeritah Daerah (Pemda) kabupaten Busel, La Siambo. Kata dia, anggaran itu merupakan biaya perlengkapan dan proses seleksi CPNS.

iklan zonasultra

“Ia betul kita sudah anggarkan Rp500 juta, sengaja disiapkan meski belum ada penetapan kuota karena Buton Selatan masih kekurangan komputer untuk persiapan tes,” katanya, Kamis (2/8/2018).

La Siambo mengemukakan, alasan disiapkannya anggaran itu karena ia berpegang pada pernyataan Mentri PAN RB saat dalam sambutannya di Rapat Koordinasi Nasioanl Kepegawaian di Jakarta beberapa waktu lalu.

Saat itu kata La Siambo, Mentri PAN RB menyatakan bahwa penerimaan CPNS di tahun 2018 ini dipastikan akan dilaksanakan. Hanya saja jadwal pelaksanaanya belum dapat ditetapkan.

“Kata Menteri memang 2018 ini sudah pasti ada penerimaan. Jadi kita harus siap-siap,” tambahnya.

(Baca Juga : BKD Busel : Penerimaan CPNS Tunggu Penetapan Kuota)

Menurutnya, mekanisme pendaftaran dan pelaksanaan seleksi CPNS tahun ini berbeda dengan proses seleksi sebelumnya. mulai tahun ini, seluruh pelaksanaan seleksi akan dilakukan secara terpusat atau terintegrasi melalui seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT BKN).

“Jadi itu semua online. Makanya jangan percaya makelar. Semua hasil tes akan diumumkan secara langsung dan otomatis. Setelah soalnya dijawab melalui komputer, nilai dan rengkingnya akan keluar secara otomatis. Tidak ada lagi namanya punya jatah Bos dan Permainan uang,” tegasnya.

Jenderal PNS di Busel ini menghimbau masyarakat agar tetap fokus belajar dan mempersiapkan dirinya menghadapi tes CPNS nantinya. Hal ini mengingat penerimaan CPNS itu dinilai berdasarkan kopetensi masing-masing peserta.

“Semuanya ini terganting kepintaran masing-masing. Jadi kalau peserta itu bisa masuk dalam rengking berdasarkan kuota yang ditetapkan itu, maka dipastikan akan lolos. Jadi itu tergantung dirinya,” tutupnya. (B)

 


Reporter : CR3
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib