iklan zonasultra

Pemkab Butur Benahi Jalan di Wandaka, Dinas PUPR Ingatkan Perlunya Penyiraman

Pemkab Butur Benahi Jalan di Wandaka, Dinas PUPR Ingatkan Perlunya Penyiraman
PENGERJAAN JALAN - Proses pengerjaan peningkatan jalan, saat dilakukan penyiraman, di Kelurahan Wandaka, Kecamatan Kulsusu, Jumat (18/10/2019). (Foto Istimewa)

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Peningkatan jalan di wilayah Kelurahan Wandaka Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara (Butur) mulai digarap. Kontraktor pelaksana sudah menghampar material timbunan, untuk persiapan pengaspalan.

Kepala Dinas PUPR Butur, Wawan Wardaya, mengatakan dalam rentang waktu tersebut, rekanan melakukan proses pemadatan. Agar kepadatan dasarnya lebih optimal, maka perlu dibarengi dengan penyiraman.

“Siram, sambil dipadatkan. Karena kalau pemadatan kan harus memerlukan air, supaya kepadatannya optimal,” tuturnya, Minggu (20/10/2019).

iklan zonasultra

Mantan Kepala Bidang Binamarga Dinas PUPR Butur itu menambahkan, selain untuk menghasilkan kepadatan yang optimal, penyiraman juga bisa mengurangi debu di jalanan, saat musim kemarau seperti sekarang ini. Sehingga, penyiraman sebaiknya dilakukan rutin setiap hari.

Kata dia, ukuran pengaspalan jalan tersebut kurang lebih 1,2 km, dengan pagu anggaran senilai 2,3 miliar. Proses pengerjaannya, diterget rampung Desember 2019.

Lebih lanjut Wawan menguraikan, pihaknya terus mengenjot pembangunan infrastruktur jalan. Untuk tahun 2019, target pengaspalan jalan sekitar 9,2 km yang tersebar di beberapa titik, antara lain ruas jalan Waode Buri-Peteteaa, Lakansai-Lamoahi, jalan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA), termasuk di Wandaka.

Salah seorang warga setempat, Deden, mengapresiasi atas pengerjaan jalan tersebut. Di mana, beberapa titik yang semula mengalami kerusakan dan berlubang, sudah mulai dibenahi.

Terkait penyiraman, dia pun berharap, agar dapat dilakukan rutin setiap hari. Sebab, jika sehari saja dilewatkan, apalagi saat musim kemarau seperti sekarang, maka debu dapat mengganggu aktivitas masyarakat setempat yang rumahnya berada di pinggir jalan, tidak terkecuali warga yang melintas menggunakan roda dua maupun pejalan kaki.

“Ya, sejak hari Jumat saya lihat sudah disiram. Kemarin dan tadi (Sabtu-Minggu) juga ada penyiraman,” ungkapnya. (b)

 


Reporter : Irsan Rano
Editor : Kiki

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib