iklan zonasultra

Pemkab Kolut dan Kodim 1412 Kolaka Gelar Rapat Koordinasi Bahas TMMD

Pemkab Kolut dan Kodim 1412 Kolaka Gelar Rapat Koordinasi Bahas TMMD
RAPAT KOORDINASI - Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menggelar rapat koordinasi bersama Komando Distrik Militer (Kodim) 1412 Kolaka dalam rangka kesiapan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-170 tahun 2020, Selasa (21/1/2020). (Rusman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LASUSUA – Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) bersama Komando Distrik Militer (Kodim) 1412 Kolaka menggelar rapat koordinasi bersama dalam rangka kesiapan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-170 tahun 2020 di kantor bupati setempat, Selasa (21/1/2019).

Rapat ini diikuti Bupati Kolut Nur Rahman Umar, Dandim 1412 Kolaka Letkol Kav. Amran Wahid, Kabag Ops Polres Kolut AKP Answar Anas dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD), camat serta kepala desa.

Dandim 1412 Kolaka Letkol Kav. Amran Wahid mengatakan, TMMD TNI AD bertujuan membantu percepatan pembangunan daerah, khususnya di daerah tertinggal. Kegiatan ini sekaligus membantu pemerintah mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Kata dia, saat ini Kolut terdiri dari 15 kecamatan namun koramil baru ada dua yakni Koramil 1412-03/Lasusua dan Koramil 1412-05/Pakue. Personel dua koramil tersebut masih kurang dan idealnya setiap kecamatan harus ada koramil.

“Kegiatan TMMD ini kita siapkan personel anggota sebanyak 134 dan titik lokasinya rencana ada empat titik yang kita tinjau dulu,” kata Amran Wahab.

Setelah kegiatan TMMD dilaksanakan, rencana ke depan pihaknya membuat pos di setiap kecamatan untuk sebagai embrio pembentukan Kodim Kolaka Utara.

“Minimal ada enam koramil yang terbentuk kemudian saya bisa ajukan ke komando atas untuk pembentukan kodim di tahun mendatang,” ujarnya.

Bupati Kolut Nur Rahman Umar mengatakan, untuk lokasi kegiatan TMMD, pihaknya menerima 10 titik rencana kegiatan, namun hanya ada empat yang akan direalisasikan program sasaran fisik dan nonfisik.

“Yang resmi di daftar ada empat dari 10 titik objek sasaran TMMD itu,” kata Nur Rahman.

Orang nomor satu di Kolut ini menambahkan, sasaran TMMD itu di antaranya pembuatan sarana dan prasarana jalan Desa Rante Linmbong dan Desa Pitulua sepanjang 1,9 kilometer, pembangunan kompi 723, dan rehab masjid di Desa Lawaki Jaya.

“Dari pemda sendiri kita masih dalam perhitungan sesuai volume, kalau jadwalnya akan segera dipercepat sebelum TMMD di Maret mendatang,” ucapnya.

Dirinya berharap,TMMD sebagai program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan berbagai komponen dapat terwujud dan dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat adalah wujud komitmen pengabdian untuk negeri.

“Dengan adanya program TMMD ini masyarakat bisa nikmati dengan harapan mensejahterahkan masyarakat Kolaka Utara,” ujarnya. (b)

 


Kontributor: Rusman
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib