iklan zonasultra

Pemkab Kolut Siapkan Empat Lokasi Karantina Pasien Covid-19

Pemkab Kolut Siapkan Empat Lokasi Karantina Pasien Covid-19
TEMPAT KARANTINA - Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menyiapkan empat lokasi untuk dijadikan tempat karantina untuk pasien virus corona atau covid-19 menyusul meningkatnya kasus terkomfirmasi positif di wilayah tersebut. Jumat (10/7/2020). (Rusman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LASUSUA– Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menyediakan empat lokasi sebagai tempat karantina bagi pasien Covid-19. Itu dilakukan karena kasus pasien positif di sana terus meningkat.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kolut Taupiq S mengatakan, hal tersebut sebagai upaya untuk mengantisipasi lonjakan pasien yang terpapar covid-19. Empat lokasi itu yakni Rumah Sakit yang berada di Patoa, Lasusua, Kampung Kulinr di Baypass, Rumah Susun dan Gudang Pangan yang berada di Desa Ponggiha, Kecamatan Lasusua.

Iklan Zonasultra

Meski fasilitas tersebut masih dalam proses persiapan dan dilakukan perbaikan, tapi keempat lokasi itu bisa menjadi alternatif tempat isolasi jika RSUD Djafar Harun tidak mampu menampung warga yang terpapar virus corona nantinya.

“Itu bagian dari upaya persiapan penanganan jika terjadi lonjakan, karena rumah sakit saat ini masih bisa menampung pasien positif,” kata Taupiq saat ditemui di Lasusua, Jumat (10/7/2020).

Kawasan Kampung Kuliner dinilai lebih aman karena jauh dari pemukiman dan bisa menampung 20 pasien, sementara RS di Patoa dapat menampung sampai 30 pasien.

Untuk Rusunawa sendiri masih dalam tahap persiapan karena masih ada sejumlah warga yang menetap di tempat tersebut serta akan digunakan apabila dalam kondisi darurat.

Ia berharap wabah Covid-19 dapat berlalu dan tidak terjadi penambahan pasien positif. Selain itu dirinya juga mengapresiasi peran aktif tenaga medis yang di rumah sakit dalam membantu pemerintah menangani wabah ini.

“Kita berharap pasien positif yang berada di rumah sakit cepat pulih,” ujarnya.

Sementara itu, data terakhir kasus Covid-19 di Kolut jumlah kasus positif sebanyak 65 orang yang didominasi oleh kluster karyawan perusahaan tambang di Kecamatan Batu Putih. (b)

 


Kontributor: Rusman
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib