iklan zonasultra

Pemkab Konsel Gelar Pelatihan Tata Kelola Homestay

Pemkab Konsel Gelar Pelatihan Tata Kelola Homestay
PELATIHAN HOMESTAY - Wakil Bupati Konsel Arsalim Arifin saat membuka kegiatan pelatihan homestay yang digelar dinas pariwisata di salah satu hotel di Kota Kendari, Rabu (27/11/2019) (ERIK ARI PRABOWO/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui dinas pariwisata menggelar pelatihan tata kelola homestay atau pondok wisata untuk meningkatkan pengelolaan kepariwisataan masyarakat di daerah itu.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Konsel, Arsalim Arifin yang digelar disalah satu hotel di Kota Kendari, Rabu (27/11/2019).

Dalam sambutannya, Arsalim mengatakan, kegiatan pelatihan homestay merupakan bentuk dukungan pemerintah daerah untuk meningkatkan potensi wisata daerah. Selain itu, pelatihan ini juga merupakan salah satu pengembangan sumber daya manusia.

iklan zonasultra

“Ini harus ditindaklanjuti, progresnya ke depan bagaimana, tidak hilang begitu saja, habis pelatihan langsung selesai. Kita ingin masyarakat kita bisa berkembang,” kata Arsalim.

(Baca Juga : Pemkab Konsel Raih Penghargaan Layanan Publik Terbaik)

Arsalim menyebut, di Konsel ada beberapa potensi wisata di antaranya Taman Nasional Rawa Aopa, Desa wisata Namu, Air Terjun Moramo, Pulau Hari, serta beberapa potensi wisata alam dan juga wisata buatan yang belum berdampak besar pada pendapatan daerah.

Pemkab Konsel Gelar Pelatihan Tata Kelola Homestay“Masyarakat kita perlu diberi pemahaman bagaimana seharusnya hidup di tengah potensi alam pariwisata,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Konsel, Subair mengatakan, pelatihan homestay ini diikuti oleh 60 peserta dengan melihat potensi kemungkinan untuk mengembangkan pondok wisata. Pihaknya mendatangkan pemateri dari kalangan praktisi maupun akademisi dari perguruan tinggi.

“Peserta akan dilatih bagaimana mengetahui pola hidup wisatawan, sehingga mereka bisa memahami fasilitas apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat pengunjung betah dan berkesan,” ungkap Subair.

Subair menambahkan, tahun 2019 pihaknya akan menggelar beberapa pelatihan di antaranya pelatihan pemandu wisata, wisata buatan, homestay, dan wisata kuliner. (b)

 


Kontributor: Erik Ari Prabowo
Editor: Jumriati
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib