iklan zonasultra

iklan zonasultra

Pemkab Konut Jadikan Awila Puncak Kawasan Induk Pembibitan Cengkeh

Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Konut Yuliatin
Yuliatin

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadikan wilayah Desa Awila Puncak sebagai lokasi pengembangan bibit cengkeh.

Kabid Perkebunan Dinas Pertaninan (Distan) Konut, Yuliatin mengungkapkan, bibit cengkeh yang digunakan sama seperti pada umumnya yang ditanam para petani di wilayah itu. Selain itu, lokasi penempatan dianggap sangat strategis untuk meningkatkan sektor pertanian di bidang budidaya bibit cengkeh. Luas lahan pembibitan 3 hektar.

“Sudah siap dalam waktu dekat ini diresmikan pak bupati dan wakil,” kata Yuliatin dikonfirmasi, Jumat (25/5/2018).

Diungkapkan, baru di 2018 ini Konut membuka kawasan induk pembibitan cengkeh. Tujuannya, agar ke depannya petani cengkeh tidak lagi bersusah payah mendapatkan bibit dan mendatangkannya dari luar daerah.

“Selama ini petani kita dapat bibit dari luar, jadi dengan adanya program ini para petani sudah bisa terbantu. Dan tentunya, melalui program ini kita berharap ke depannya Konawe Utara sudah menjadi daerah pemasok cengkeh dan petani kita tida susah lagi memperoleh bibit cengkeh,” terangnya.

Dia menambahkan, sebagai sarana pendukung, Distan konut selaku leading sector menyiapkan berbagai fasilitas seperti pupuk, bibit, alat dan lain-lain. Proses pengembangan bibit cengkeh ini juga melibatkan langsung masyarakat petani. (B)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib