iklan zonasultra

Pemkab Muna Bangun 300 Kios di Pasar Laino untuk Korban Kebakaran

Pedagang Korban Kebakaran Pasar Laino, Akhirnya Terima Bantuan Rp5 Juta
BANTUAN - Sebanyak 400 pedagang korban kebakaran pasar Laino terima bantuan sebesar Rp5 juta perorang. (Nasrudin/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RAHA – Pemerintah Kabupaten Muna membangun 300 kios di Pasar Laino untuk ratusan pedagang yang menjadi korban kebakaran Juni 2020 lalu.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Muna, La Ode Darmansyah mengatakan 300 kios yang bakal dibangun menelan anggaran sebesar Rp1,7 miliar. “Saat ini baru sekitar 300 kios yang akan dibangun,” kata Darmansyah, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (26/8/2020).

Darmansyah mengakui jumlah tersebut belum memenuhi keseluruhan permintaan para pedagang. Pasalnya, total pedagang korban kebakaran mencapai 737 orang dan yang terakomodir untuk menempati kios baru sebanyak 300 pedagang.

Pembangunan ini, tidak serta merta menuntaskan kekurangan kios pedagang, namun setidaknya bisa memenuhi keluhan beberapa pedagang sambil menunggu tambahan.

“Insya allah akhir tahun ini, akan ada tambahan sebanyak 437 kios yang bakal dianggarkan melalui APBD Perubahan. Ini juga janji Komisi II DPRD Muna akan menganggarkan melalui APBD Perubahan,” ujarnya.

Darmansyah menambahkan Pemda rencananya bakal membangun kembali kios baru di lokasi bekas kebakaran. Sumber dananya dari Pemerintah pusat. Bantuan Kementerian Perdagangan sekitar Rp12 miliar.

Kata Darmansyah saat ini persoalan pasar Laino memang urgen mengingat salah satu sektor vital perputaran roda ekonomi daerah.

“Sepanjang keuangan daerah mencukupi, maka semua permintaan pedagang kita berusaha penuhi. Insya allah pembangunan di lokasi eks kebakaran akan terealisasi tahun depan,” pungkasnya. (b)

 


Kontributor: Nasrudin
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib