iklan zonasultra

Pemkab Muna Barat Terima Penghargaan dari BPS RI

Pemkab Muna Barat Terima Penghargaan dari BPS RI
PIAGAM PENGHARGAAN - Bupati Mubar, La Ode M Rajiun Tumada menerima piagam penghargaan dari BPS RI di lapangan sepak bola Desa Marobea, Kecamatan Sawerigadi, Senin (17/8/2020). (Kasman/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Badan Pusat Statistik (BPS) RI memberikan piagam penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) atas prestasinya dalam pencapaian Response Rate yang melibihi target dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online (SPO) tahun 2020.

Piagam penghargaan ini diberikan langsung oleh Kepala BPS Muna Kadir Pua kepada Bupati Mubar La Ode M Rajiun Tumada, usai melaksanakan upacara HUT RI ke-75 yang di Lapangan Sepak Bola Desa Marobea, Kecamatan Sawerigadi, Senin (17/8/2020).

Kepala BPS Muna, Kadir Pua mengatakan pemberian penghargaan dari BPS RI karena dukungan pemerintah setempat dalam pelaksanaan sensus penduduk online 2020. Pada sensus penduduk online periode 15 Februari sampai dengan 29 Mei 2020, berhasil disensus 17.234 orang atau 4.046 keluarga, dengan persentase 526 persen dari target 8 persen atau 780 keluarga.

“Alhamdulillah SPO 2020 tahap pertama ini, Mubar melampaui target dan menerima penghargaan dari BPS RI. Kita (BPS) juga mengucapkan terima kasih atas dukungan, koordinasi, dan konsolidasi yang telah dilakukan oleh Pemkab Mubar dalam hal ini Bupati Mubar La Ode M Rajiun bersama wakilnya Achmad Lamani dalam sensus penduduk 2020 ini,” kata Kadir Pua.

Kadir Pua menjelaskan berdasarkan hitungan yang dilakukan oleh BPS Muna, jumlah kepala keluarga (KK) di Mubar mencapai 22 ribu lebih. Ada sekitar 16 ribu lebih kepala keluarga (KK) yang belum melakukan sensus penduduk online.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan sensus penduduk tahap kedua yang akan dimulai pada awal bulan September 2020 mendatang. Sensus penduduk tahap dua ini dilaksanakan secara offline.

“Jadi nanti, petugas kita akan menyerahkan kuisioner kepada KK yang belum melaksanakan sensus penduduk online tahap pertama yang lalu. Kita harapkan KK yang akan dikunjungi nanti dapat mengisi kuisioner atau pertanyaan yang sama dengan sensus tahap pertama itu,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Mubar La Ode M Rajiun Tumada sangat mengapresiasi penghargaan yang diberikan oleh BPS RI. Kata dia, pada pelaksanaan sensus penduduk online ini, masyarakat Mubar sangat partisipatif dalam menunjang kepentingan penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Alhamdulillah, penghargaan ini sangat luar biasa, apalagi kita (Mubar) melampaui target sampai 526 persen. Ini membuktikan bahwa masyarakat Mubar sangat respon dan partisipatif dalam pelaksanaan sensus penduduk online 2020 ini,” tuturnya. (B)

 


Kontributor : Kasman
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib