iklan zonasultra

Pemkot Baubau Imbau Warga Teliti Berbelanja Kebutuhan Lebaran

Sekretaris Daerah Kota Baubau, Roni Muchar
Roni Muchar

ZONASULTRA.COM,BAUBAU– Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau menghimbau warganya untuk teliti dalam berbelanja kebutuhan learan Idul Fitri, utamanya memastikan waktu kadaluarsanya.

Menurut Sekretaris Daerah Kota Baubau, Roni Muchar, dalam berbelanja kebutuhan lebaran, warga cenderung tergesa-gesa, terlebih bila kondisi pasar sedang ramai.

“Biasanya asal lebih murah sedikit dari penjual yang lain, ibu-ibu langsung beli. Padahal bisa saja barangnya sudah kadaluarsa,” ujar Roni dalam jumpa pers di Kantor Walikota Baubau, Sabtu (1/6/2019) lalu.

iklan zonasultra

(Baca Juga : Pemkot Baubau Imbau Masyarakat Jangan Turuti Tagihan Parkir Liar)

Pemerintah kota sendiri, kata Roni, sudah pernah melakukan pemeriksaan masa berlaku barang dagangan di sejumlah pasar di Baubau. Meski begitu, ia memandang kewaspadaan perlu diutamakan.

“Penjual itu kan kadang nakal juga. Jangan sampai dia sengaja ganti produk yang baru dengan yang lama karena tidak laku,” lanjutnya.

Makanan kedaluarsa sendiri bisa menyebabkan diare, sembelit hingga keracunan. Lebih jauh kematian.

(Baca Juga : 7 Jenis Kue Kering yang Selalu Ada Saat Momen Lebaran)

“Kalau bisa, walau sepadat apapun kondisi pasar tolong kemasannya diteliti. Sehingga kita tidak temukan ada ibu-ibu yang dirugikan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Baubau, Radjlun memastikan ketersedian pangan di pasar. Kata dia, pihaknya telah mengimpor beberapa jenis kebutuhan pokok yang langka untuk menjaga stok barang.

“Kita lakukan (impor) agar sebisa mungkin harga bisa kompetitif. Dengan begitu harga bisa ditekan,” imbuhnya. (B)

 


Penulis: M6
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib