iklan zonasultra

Pemkot Baubau Kucurkan Rp9,5 Miliar untuk Pembebasan Lahan

Sekda) Kota Baubau, Roni Mucthar
Roni Mucthar

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) menganggarkan Rp 6,5 miliar untuk pembebasan lahan milik warga lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020. Lahan itu terletak di empat lokasi yang berbeda.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Roni Mucthar mengatakan, pembebasan lahan tersebut guna persiapan pembangunan sarana prasarana.

Seperti tanah untuk perluasan area safety Bandar Udara Betoambari seluas 200 meter persegi. Tanah untuk lajur jalan dari jembatan penghubung Pulau Buton-Muna, sejauh 1,4 kilometer dan lebar 30 meter.

iklan zonasultra

Selanjutnya, tanah untuk perluasan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) seluas 3 hektare. Juga tanah untuk pembangunan rumah jabatan (Rujab) Wali Kota Baubau, seluas 10 hektare.

“Karena keharusan agar segera dilakukan pembangunan maka penting untuk melakukan pembebasan lahan segera. Utamanya Bandara dan jalan dari jembatan penghubung Buton-Muna,” kata Roni di Kantor Wali Kota Baubau, Senin (13/1/2020).

(Baca Juga : Pemkot Baubau Ajukan Raperda Penyertaan Modal Ke DPRD)

Lanjut Roni, lahan yang akan dibebaskan tersebut tidak bersangkutan hukum dengan pihak lain. Warga pemilik lahan bahkan melapangkan dada demi pengembangan infrastruktur kota.

Terpisah, Kabag Administrasi Pemerintahan Setda Kota Baubau, Arif Basari mengatakan, pihaknya telah melakukan penilaian pada empat lahan tersebut. Harganya pun sudah ditetapkan oleh Pemkot. Sisanya tinggal eksekuasi, pemberian uang ganti rugi lahan pada warga.

“Anggaran untuk TPA Rp2 miliar, Bandara Rp3 miliar, kalau untuk jalan, jembatan penghubung Buton-Muna tahun ini baru Rp1 miliar, dan Rp3,5 miliar untuk rujab wali kota yang baru,” ungkap Arif.

Lanjut dia, warga yang memiliki lahan bahkan sudah bersepakat soal harga. Meski demikian ia enggan membeberkan berapa harga yang ditetapkan Pemkot Baubau. Ia juga memastikan, dengan lahan itu maka sudah cukup untuk pembangunan empat ifrastruktur tersebut.

“Soal harga itu sudah disepakati. Yang pasti lahan yang penting untuk pembangunan infrastruktur kota sudah kami siapkan,” ucapnya. (b)

 


Kontributor : Risno Mawandili
Editor: Jumriati
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib