iklan zonasultra

Pemkot Baubau Rencana Bangun Kawasan Rujab di Lipu

Pemkot Baubau Rencana Bangun Kawasan Rujab di Lipu
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) berencana membuat kawasan rumah jabatan (Rujab) kepala pemerintahan. Pemkot sudah siapkan lahan seluas 10 hektare untuk pembangunan ini.

Di bidang tanah 10 hektare di bilangan Jalan Raya Palagimata, Kelurahan Lipu, Kecamatam Betoambari itu terdapat, rujab Wali Kota, Wakil Wali Kota, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau. Duit pembebasan lahan untuk tanah itu sudah ada dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2020 sebesar Rp 6,5 miliar.

Baca Juga : Pemkot Baubau Kucurkan Rp9,5 Miliar untuk Pembebasan Lahan

iklan zonasultra

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Baubau, La Ode Aswad, kawasan tersebut didesain menjadi salah satu ikon kota, sebagai objek wisata baru. Sementara itu, rujab Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang lama, di bilangan Lapangan Merdeka, Kelurahan Wale, Wolio, akan diusulkan jadi cagar budaya. Selain itu rujab lama akan jadi rumah singgah bagi tamu luar daerah Kota Baubau.

“Tapi tahun ini kita siapkan pembebasan lahan dulu. Kalau sudah siap lahannya baru kita buat desainnya. Setelah itu baru dimulai pembangunan,” urai Aswad dijumpai di ruang kerjanya Selasa (14/1/2020).

Lanjutnya, belum dipastikan waktu pembangunan rujab. Prediksinya akan bertahap. Rujab Wali Kota dan Wakil Wali Kota lebih dulu dibangun. Untuk Ketua DPRD dan Sekda menyusul.

“Belum ada perencanaan estimasi anggaran pembangunannya. Nanti desainya tuntas baru dikalkulasi berapa anggaran yang harus digunakan,” ungkapnya Aswad.

Baca Juga : Pemkot Baubau Ajukan Raperda Penyertaan Modal Ke DPRD

Dibangunnya rujab pimpinan pemerintahan di Kota Baubau menyusul arah pembangunan kota yang telah dipusatkan di Ibu Kota Baubau, yakni Kelurahan Lipu. Selain kawasan rujab itu, terang Aswad, akan dibangun perkantoran Organisasi Perangkat Daerah di sana.

“Ini juga dalam rangka menyiapkan diri menjadi calon ibu kota Kepton. Pak wali sendiri sudah mengizinkan kantor wali kota itu untuk kantor sementara kepton. Dia sudah tanda tangan,” imbuh Aswad. (b)

 


Kontributor : Risno Mawandili
Editor : Abd Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib