Pemkot Baubau Target Perbaikan 176 Rumah Tidak Layak Huni Tuntas Oktober 2019

98
Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse
La Ode Ahmad Monianse

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) menargetkan perbaikan 176 unit rumah tidak layak huni tuntas Oktober 2019 ini. Sehingga bisa diresmikan tepat di HUT Kota Baubau yang jatuh pada 17 Oktober.

Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengatakan, pemda kecipratan Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp3 miliar. Anggaran tersebut dipergunakan untuk memperbaiki 176 unit rumah warga kurang mampu yang tidak layak huni.

Per rumah, diberi dana sebanyak Rp17,5 juta. Dana tersebut diberikan langsung dari kementerian kepada warga yang mendapat bantuan. Mereka diminta mengelola sendiri uang tersebut, sementara Pemkot Baubau melalui dinas perumahan hanya bertugas mengawasi proses pengerjaan rumah.

Menurut Monianse, saat ini uang itu sudah masuk di rekening warga masing-masing. Dalam tempo dua minggu mendatang mereka diminta harus segera mengerjakan perbaikan rumah tersebut.

(Baca Juga : Pemkot Baubau dan BNN Canangkan Kampung Bersih Tanpa Narkoba)

Monianse juga meminta warga agar tidak manja setelah mendapat bantuan. Uang sebesar Rp17,5 juta itu harus digunakan sebaik-baiknya untuk memperbaiki rumah mereka. Dia juga meminta agar warga Kota Baubau tetap mengedepankan gotong-royong.

“Saya sampaikan, jangan karena bantuan itu, kemudian warga tidak lagi mau bantu-membantu. Harapan kita, dengan bantuan itu masih terbuka ruang buat tetangganya untuk membantu, karenakan kegotong-royongan di masyarakat itu kita harapkan masih ada,” kata Monianse di Baubau, Jumat (30/8/2019).

Adapun 176 unit rumah tidak layak huni yang mendapat bantuan tersebar di tiga kelurahan, yakni Lowulowu 126 rumah, Lipu 30 rumah, dan Tanganapada 20 rumah. (b)

 


Penulis: M6
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini