Pemkot Dorong UMKM Pasarkan Produk Online

ilustrasi umkm
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari meminta para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Ibukota Sulawesi Tenggara ini untuk berjualan memanfaatkan jalur pemasaran online.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Kendari, Ida Rianti mengatakan, sekarang ini tidak bisa mengandalkan pemasaran konvensional, tetapi harus manfaatkan perkembangan informasi teknologi.

Pemanfaatan jalur pemasaran online ungkap Ida Rianti, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing UMKM agar produk bisa dikenal luas. Dengan begitu memudahkan proses pemasarannya ke konsumen.

“Dengan menjual secara online UMKM tidak memerlukan biaya besar dalam memasarkan berbagai jenis produknya. Dengan begitu kami juga dari Dinas Perdagangan dapat lebih intensif dalam memfasilitasi UMKM dalam segala hal yang berhubungan dengan perizinan produknya,”jelasnya, di ruang kerjanya, Selasa (6/2/2018).

Izin yang dimaksudkanya yakni, sertifikat halal dan sertifikasi standar nasional Indonesia guna memastikan kenyamanan pembeli. Jadi saat ini tinggal bagaimana para pengusaha UKM di Kota Kendari dapat lebih berinovasi guna meningkatkan hasil produksi usahanya.

Untuk saat ini lanjutnya, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Kendari membuat program tertentu guna membantu memasarkan serta mempromosikan produk UMKM melalui geleri koperasi dan UMKM Kota Kendari.

“Jadi produk yang akan dipromosikan melalui galeri tersebut nantinya, harus sudah memenuhi standar kualitas dan menjadi produk unggulan UMKM di Kota Kendari, “tuturnya. (B)

 


Reporter : M Rasman Saputra
Editor Tahir Ose

loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib