iklan zonasultra

Pemkot Kendari Berangkatkan 40 Jamaah Umrah Gratis Tahun Depan

Awal Agustus, 115 CJH Asal Konawe Diberangkatkan
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebanyak 40 warga Kota Kendari yang masuk dalam jamaah umrah gratis pemkot rencananya akan diberangkatkan ke tanah suci pada 2020 mendatang.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Kota Kendari, Abdul Rauf mengatakan, program umrah gratis sendiri merupakan program tahunan yang terus digalakkan Pemerintah Kota Kendari, yang juga terus dipertahankan.

“Tiap tahunnya Pemkot Kendari memberi umrah kepada pengurus-pengurus majelis taklim, imam, dan guru mengaji,” kata Rauf di ruang kerjanya, Rabu (13/11/2019).

iklan zonasultra

Kata dia, pemilihan jamaah yang akan menjadi penerima program umrah gratis Pemkot Kendari tentunya melalui beberapa indikator. Seperti melihat keaktifan para calon peserta yang kemudian akan melalui proses undian.

Proses penentuan tersebut ditempuh agar tidak ada unsur-unsur rekayasa. Tentu saja lanjutnya, nama-nama yang akan diundi tersebut memang aktif di kegiatan masing-masing.

Sumber anggaran untuk pelaksanaan program umrah tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Kendari.

“Tahun lalu sebanyak 40 orang kita umrahkan secara gratis. Tahun ini juga jumlah yang akan kita umrahkan secara gratis sama seperti tahun lalu, asal biaya umrah tidak mengalami perubahan atau kenaikan,” jelasnya.

Untuk dana per orangnya, pihaknya memberikan sebesar Rp25 juta sebagai bentuk reward. Dana tersebut tidak termasuk uang saku untuk jamaah umrah.

Dia menuturkan, tiap Januari pihaknya mengundi dulu, nama-nama yang akan diberangkatkan umrah. Selain itu, ucap dia, pihak majelis taklim menyetorkan absensi pengurusnya.

“Kita berharap jemaah umrah ini bisa menjadi teladan tengah-tengah masyarakat,” tutupnya. (b)

 


Kontributor: Sri Rahayu
Editor: Jumriati
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib