iklan zonasultra

Pemkot Kendari Programkan Klinik Konsultasi UMKM

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Kendari Syam Alam
Syam Alam

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari memprogramkan klinik konsultasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) secara gratis bagi pegiat ekonomi di Ibukota Sulawesi Tenggara ini.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Kendari Syam Alam mengatakan, sesungguhnya banyak peluang dan setiap individu memiliki potensi, namun tidak eksis karena keterbatasan pengetahuan dan wawasan.

Untuk saat ini pihaknya terus berperan mendorong masyarakat melakukan kegiatan produktif yang berdampak positif bagi warga lainnya. Sebab, saat ini peluang usaha di Kota Kendari sangat banyak.

“Kami terus memacu paara pengusaha kecil untuk terus termotivasi. Salah satu hal yang kami lakukan adalah dengan membuka klinik konsultasi UMKM,” kata Syam Alam pada zonasultra.com, Sabtu (17/2/2018).

Syam Alam menuturkan, jika individu sudah produktif atau mandiri dalam menjalankan kegiatan ekonomi, maka tanpa disadari telah ikut mengatasi pengangguran. Dengan semakin berkurangnya pengangguran maka pertumbuhan perekonomian di Kota Kendari semakin baik.

Mengenai kendala modal yang biasanya menghambat pelaku usaha kecil lanjutnya, sudah ada solusi yang disiapkan Pemkot Kendari antara lain kredit usaha rakyat (KUR) dan bantuan usaha kredit mikro melalui BLUD.

“Sejauh ini kami senantiasa memaksimalkan klinik UMKM ini sebagai salah satu tempat konsultasi antara pemerintah dan para pelaju usaha kecil menengah di Kota Kendari,” tuturnya. (B)

 


Reporter : M Rasman Saputra
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib