Pemkot Kendari Programkan Peremajaan Truk Sampah

Potret Tumpukan Sampah di Kota Kendari
Tumpukan Sampah di Kota Kendari

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Untuk memaksimalkan penanganan sampah, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari memprogramkan peremajaan truk pengangkut sampah di ibukota Sulawesi Tenggara (Sultra) ini.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan penambahan dan peremajaan armada pengangkut sampah karena truk yang ada usianya sudah cukup tua. Saat ini truk pengangkut sampah di Kota Kendari ada yang berusia 10 tahun bahkan 15 tahun sehingga perlu adanya perhatian dari pemerintah.

(Baca Juga : FOTO: Potret Tumpukan Sampah di Kota Kendari)

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir
Sulkarnain Kadir

Penambahan dan peremajaan truk pengangkut sampah ini guna mengimbangi kebutuhan pengangkutan sampah buangan masyarakat di Kota Kendari.

“Saat ini kami sedang merencanakan untuk menganggarkan peremajaannya tahun depan. Karena, seluruh peralatan kita mengalami kerusakan. Tapi, kerusakan itu sudah kita tangani, meskipun sifatnya hanya sementara,” jelasnya, di kantor Walikota Kendari, Senin (15/4/2019).

Sementara itu kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari Paminuddin menuturkan, saat ini truk sampah yang beroperasi berjumlah 40 unit untuk melayani pengangkutan sampah di Kota Kendari.

(Baca Juga : Sampah Plastik Kendari Sampai 5 Ton Perhari, Ini Imbauan Pemkot)

Dengan jumlah truk sampah saat ini, bisa menangani sampah di Kota Kendari berkisar 80 persen dari total volume sampah yang dihasilkan oleh masyarakat di Kota Kendari.

“Kami tentunya sangat mendukung dengan adanya rencana penambahan armada truk pengangkut sampah. Sebab dengan begitu akan bisa menangani seluruh sampah yang dihasilkan masyarakat,” tuturnya. (B)

 


Kontributor : M Rasman Saputra
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib