Pemkot Kendari Salurkan Bantuan Lima Unit Handtraktor ke Petani Labibia

Pemkot Kendari Salurkan Bantuan Lima Unit Handtraktor ke Petani Labibia
BANTUAN - Sekretaris Kota Kendari Alamsyah Lotunani didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Kota Kendari Husein Machmud dan Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari Sitti Ganef, saat mencoba salah satu handtraktor bantuan dari Kementerian Pertanian. Lima unit handtraktor ini diserahkan langsung oleh Alamsyah Lotunani kepada kelompok tani di Kelurahan Labibia, Kecamatan Mandonga, Senin (29/1/2018). (RAMADHAN HAFID/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Pertanian menyerahkan bantuan berupa lima unit handtraktor kepada kelompok tani di Kelurahan Labibia, Kecamatan Mandonga, Senin (29/1/2018).

Bantuan alat pertanian ini diserahkan langsung Sekretaris Kota (Sekot) Kendari Alamsyah Lotunani kepada kelompok tani penerima bantuan.

Sekot Kendari Alamsyah Lotunani mengatakan, dengan bantuan alat pertanian dari Kementerian Pertanian ini diharapkan para petani bisa mempercepat dalam menggarap tanah mereka, serta produktivitas hasil pertaniannya dapat meningkat.

“Dengan adanya alat ini berarti daya garap kita akan meningkat. Misalnya luas areanya, dengan alat ini kan mempermudah kita juga. Mungkin pengolahannya akan lebih bagus. Tapi intinya bahwa dengan alat ini bisa meningkatkan produktivitas program pemerintah khususnya padi,” ujarnya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari Sitti Ganef mengatakan, lima unit handtraktor ini merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian tahun 2017, tapi baru disalurkan hari ini. Bantuan yang diserahkan ini merupakan usulan dari aspirasi petani.

“Itu bantuan langsung dari Kementerian Pertanian. Memang di fasilitasi oleh Wakil Ketua DPRD Kota Kendari Husein Machmud,” kata Ganef.

Ganef berharap petani yang menerima bantuan ini dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan bantuan yang telah diterima. Ia juga berharap dengan bantuan alat ini dapat mengurangi biaya produksi pengelolaan tanah petani, efisiensi waktu dan efisiensi tenaga.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Kendari Husein Machmud merasa bersyukur bahwa pemerintah pusat bisa membantu kelompok tani di Kota Kendari berupa lima unit handtraktor.

“Harapan kami dengan bantuan dari pemerintah ini, agar supaya peningkatan pendapatan daripada petani khususnya di Labibia dapat bertambah. Dengan bantuan lima unit ini, semua lahan-lahan yang lagi tidur tidak tergarap, bisa tergarap oleh petani kita,” ujarnya. (B)

 

Reporter: Ramadhan Hafid
Editor Tahir Ose

loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib