Pemkot Naikan Nilai Kredit Mikro BLUD

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Kendari Syam Alam
Syam Alam

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) meningkatkan nilai kredit mikro Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) hingga Rp10 juta bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKMK Kota Kendari, Syam Alam mengatakan, sebelumnya, nilai pinjaman yang diberikan BLUD kepada pelaku usaha mikro kecil menengah, maksimal hanya Rp 5 juta. Tetapi Pemkot menilai jumlah itu terlalu kecil maka dinaikan menjadi Rp 10 Juta.

Pemkot meningkatkan nilai pinjaman modal usaha mikro kecil menengah pada BLUD kredit mikro ungkapnya, karena pelaku usaha mikro kecil sangat bergairah mengembangkan usaha setelah memperoleh pinjaman BLUD.

“Para pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang diberikan pinjaman modal, juga sangat patuh mengembalikan pinjaman dengan lancar, tepat waktu tanpa menunggak,”jelasnya, pada zonasultra.com, Jumat (16/2/2018).

Adapun dalam proses pengajuan pinjaman tuturnya, paling terpenting pemohon harus memiliki jenis usaha tertentu dan memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Kendari. Syarat ini sangat mudah. Kehadiran BLUD memang diperuntukan bisa memberikan pinjaman lunak pada pelaku usaha kecil,

Oleh karena itu kata dia, maka setiap nasabah yang membutuhkan kredit mikro BLUD tersebut tidak perlu dibebani dengan persyaratan apa pun, kecuali memiliki jenis usaha tertentu dan memiliki kelompok usaha.

“Siapa pun warga kota yang memiliki jenis usaha tertentu dan membentuk kelompok, bisa diberikan pinjaman modal usaha melalui BLUD mikro kecil,” tuturnya. (B)

 


Reporter : M Rasman Saputra
Editor : Tahir Ose

loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib