iklan zonasultra

Pemprov Sultra dan Pemkot Kendari Dukung Pembangunan Zona Integritas di BPS

Pemprov Sultra dan Pemkot Kendari Dukung Pembangunan Zona Integritas di BPS
Kegiatan pencanangan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan BPS Kota Kendari menuju pembangunan zona integritas, Kamis (25/6/2020). (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pencanangan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan BPS Kota Kendari menuju pembangunan zona integritas mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Sultra maupun Pemerintah Kota Kendari.

Dalam kegiatan pencanangan yang digelar Kamis (25/6/2020) tersebut, hadir Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas dan Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir.

Iklan Zonasultra

Lukman berharap semua pihak bersama menyukseskan program ini untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

Kata dia, zona integritas menjadi kewajiban semua instansi baik pemerintah daerah maupun instansi vertikal. Hal ini menunjukkan adanya komitmen untuk mengedepankan semangat dalam membina dan mengemban tugas-tugas sebagai abdi negara untuk melayani masyarakat.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir yang juga hadir mengungkapkan semangat ini perlu ditularkan ke semua satuan kerja baik lokal kabupaten/kota maupun vertikal.

“Dengan komitmen bersih melayani akan berefek pada pelayanan publik kita,” ungkapnya.

Menurut Sulkarnain, BPS memiliki peran penting bagi Pemerintah Kota Kendari, khususnya dalam penyedian data yang cepat, valid dan akurat. Data ini sangat membantu dalam pengambilan kebijakan pemerintah.

“Contoh kemarin ketika kita menyalurkan bantuan, kan kita punya data miskin, dengan validnya data, kita bisa lebih tepat sasaran. Kalau pun ada yang tidak sesuai itu sangat kecil, itu karena dibantu data BPS yang valid,” jelasnya.

Sementara Kepala BPS Sultra Moh Edy Mahmud mengungkapkan, merupakan kebulatan tekad dan komitmen BPS Sultra dan Kota Kendari dalam mewujudkan BPS yang bersih dan bebas dari korupsi serta penyelenggaraan birokrasi yang bersih dan melayani dengan sepenuh hati.

“Berbagai inovasi tentunya kami lakukan untuk mencapai tujuan aparatur BPS yang profesional, berintegritas dan amanah serta mewujudkan good governance,” ujarnya.

Berbagai inovasi yang akan dikembangkan di antaranya peningkatan kedisiplinan dan motivasi kerja melalui penghargaan terhadap karyawan berprestasi, pengembangan aplikasi berbasis QR-Code, serta pelaksanaan smart sharing secara berkala.

BPS Sultra dan BPS Kota Kendari pada Desember 2019 masuk tiga besar satuan kerja (satker) yang mendapat apresiasi Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). (b)

 


Kontributor: Sri Rahayu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib