iklan zonasultra

Pemprov Sultra Kerja Sama dengan Universitas di Amerika

Pemprov Sultra Kerja Sama dengan Universitas di Amerika
KERJASAMA - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menandatangi Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Rhode Island, Amerika Serikat (AS) pada Rabu (16/10/2019). Penandatanganan itu bagian dari rangkaian kunjungan Ali Mazi di Amerika. (Foto : Itimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menandatangi Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Rhode Island, Amerika Serikat (AS) pada Rabu (16/10/2019). Penandatanganan itu bagian dari rangkaian kunjungan Ali Mazi di Amerika.

MoU atau nota kesepahaman itu, dalam rangka pengembangan perikanan, perpustakaan, dan pengembagan rumah sakit jantung yang tengah dibangun pemerintahan Ali Mazi-Lukman Abunawas sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra.

Kepala Balitbang Sultra, Sukanto Toding menjelaskan, MoU itu sebagai upaya penguatan program-program unggulan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra, di tiga bidang utama program unggulan, yakni pengembangan perpustakaan, pengembangan dan konservasi bidang kelautan, perikanan dan pertambangan, serta pengembangan dan alih teknologi di bidang kedokteran khususnya di bidang pelayanan dan bedah jantung.

iklan zonasultra

“Kami sangat berbahagia bisa hadir di tempat ini, di kawasan universitas yang bersih dan asri ini. Universitas yang kami ketahui memiliki sejarah yang panjang di bidang pengembangan ilmu pengetahuan,” terang Sukanto melalui pers rilis kepada awak media, Rabu (16/10/2019).

(Baca Juga : Begini Kunjungan Ali Mazi di Perpustakaan Umum Amerika)

Menurut Sukanto, dipilihnya Universitas Rhode Island karena menjadi salah satu Universitas di Amerika Serikat yang telah memiliki pengalaman kerja sama yang luas. Terlebih pernah ada jalinan kerja sama antara Amerika Serikat dan pemerintah Indonesia, baik dengan sesama mitra perguruan tinggi maupun dengan pemerintah pusat dan daerah.

Pemprov Sultra Kerja Sama dengan Universitas di Amerika“Untuk itu, hari ini adalah suatu kebahagian yang spesial bagi kami, khususnya bagi bapak Ali Mazi sebagai salah satu pemerintah daerah di Indonesia. Yang bisa menjajaki kerangka kerja sama dengan sebuah universitas utama di AS,” ucapnya.

Dengan kehadiran Pemprov Sultra di Universitas Rhode Islan, lanjutnya, sebagai bentuk kesungguhan Pemprov Sultra untuk membuka ruang kerja sama yang lebih luas kepada semua pihak. Hal itu demi terwujudnya percepatan pencapaian visi misi dan strategi kebijakan pembangunan Sultra ke depan.

Sukanto berharap, penandatanganan nota kesepahaman antara Pemprov Sultra dan Universitas Rhode Island, dapat menjadi suatu langkah awal yang baik bagi kedua belah pihak.

“Semuanya bisa memanfaatkan hasil-hasil penelitian, kerja sama dan pendampingan dari Universitas Rhode Island sebagai dasar akademis dan ilmiah untuk pelaksanaan program/kegiatan pada sektor-sektor strategis yang saya sebutkan di atas” tutupnya.

Adapun secara detail beberapa agenda yang akan dikerjasamakan adalah sebagai berikut:
  1.  Pendidikan akademik dalam program-program gelar universitas,
  2. Pelatihan jangka pendek oleh dosen dan peneliti universitas,
  3. Pendaftaran mahasiswa-mahasiwa Sulawesi Tenggara pada program
    tingkat sarjana dan/atau pasca sarjana,
  4. Kegiatan-kegiatan penelitian oleh dosen dan peneliti universitas,
  5. Keikutsertaan dalam seminar-seminar dan pertemuan-pertemuan
    akademik,
  6. Program-program akademik jangka pendek khusus,
  7. Konsultasi-konsultasi dan lokakarya-lokakarya penyuluhan,
  8. Proyek-proyek pengembangan staf pemerintah daerah,
  9. Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia bidang
    perpustakaan dan kesehatan daerah Sulawesi Tenggara,
  10. Kerja sama dalam bidang penelitian dan pengembangan keanekaragaman
    hayati (biodiversity), keberlanjutan (sustainability) dan konservasi
    terutama bidang pertambangan dan perikanan dan kelautan di Sulawesi
    Tenggara,
  11. Konservasi keanekaragaman hayati (biodiversity) dalam kemitraan
    bersama dengan Taman Nasional Rawa Aopa, termasuk untuk
    perlindungan kura-kura kotak Asia Tenggara (cuora amboinensis) yang
    diakui sebagai warisan alam Sultra. (B)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Muhamad Taslim Dalma
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib