iklan zonasultra

Pemprov Sultra Klaim Perbaikan Jalan Kendari Toronipa Tingkatkan Kunjungan Wisata

Pemprov Bangun Jalan Selebar 40 Meter di Jalur Kendari-Toronipa
PEMBANGUNAN JALAN - Rancangan pembangunan jalan menuju kawasan pantai Toronipa. Dimana nantinya, titik awal pembangunan jalan akan di mulai dari pertigaan Mesjid Raya Kota Lama, lalu memotong menuju kelurahan Kendari Caddi dengan membangun jembatan di atas teluk kendari. (Randi Ardiansyah/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengklaim bahwa, perbaikan jalan Kendari-Toronipa telah meningkatkan kunjungan wisata.

Plt Kadis Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga, Sultra Abdul Rahim, mengungkapkan hal itu saat ditemui awak media, Senin (30/12/2019).

Meski pihaknya belum rapat secara keseluruhan, namun perbaikan jalan Kendari menuju kawasan Pantai Toronipa telah memberikan dampak yang nyata.

“Dulu itu,sebelum sebagus ini jalanannya, pengunjung ke pantai toronipa kurang banyak. Tapi sekarang sudah banyak pengunjungnya, dan itu kita pastikan langsung dengan pak Gubernur pada saat malam minggu kemarin, kita hitung-hitung motor saja yang lewat baru sekitar jam 8 malam sudah 1.300 lebih yang masuk ke toronipa,” katanya.

Saat ini, katanya, tahap satu pembangunan jalan Kendari-Toronipa telah mencapai 95 persen dan ditargetkan rampung, pada 31 Desember 2019. Pembangunan jalan pada tahap satu sendiri, sepanjang 2 kilometer, dengan lebar jalan sekitar 27 meter.

(Baca Juga : Pembangunan Jalan Kendari-Toronipa Telan Anggaran Rp1,1 Triliun)

Terkait anggaran, untuk tahap awal Pemprov Sultra mengucurkan anggaran sekitar Rp153 miliar, serta 40 milliar untuk pembebasan lahan milik warga yang terkena dampak pembangunan jalan tersebut. Secara keseluruhan, jalan Kendari-Toronipa menelan anggaran sekitar Rp1,1 triliun, dengan tiga tahapan pengerjaan.

“Target selesai 31 Desember 2019, dan saat ini para pekerja terus mengejar pekerjaan mereka. Dan mereka siang malam kerja lembur, agar jalan Kendari-Toronipa bisa segera digunakan pada perayaan tahun baru,” tutupnya. (b/Lipsus)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib