iklan zonasultra

Pemprov Sultra Pastikan 2.804 Orang Hadiri HPS

Hari Pangan Sedunia (HPS) 2019
Hari Pangan Sedunia (HPS) 2019

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebanyak 2.804 orang tamu undangan dipastikan bakal menghadiri pelaksanaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepastian itu disampaikan Ketua Tim Liaison Officer (LO), Sarifuddin Safaa dalam rapat pemantapan pelaksanaan HPS bersama dengan Gubernur Sultra dan Wakil Gubernur Sultra, di Kantor Gubernur Sultra, Selasa (29/10/2019).

Menurut Sarifuddin, dari total itu, 2.604 orang merupakan tamu undangan dari berbagai daerah di Indonesia. Sementara sisanya merupakan tamu dari luar Indonesia, termasuk para duta besar.

iklan zonasultra

“Dari kementerian itu ada sekitar 205 orang, kalau untuk gubernur ada 12 gubernur dari 33 gubernur di Indonesia yang sudah mengkonfimasi akan hadir langsung,” bebernya.

(Baca Juga : Warga Kendari Diharapkan Jadi Tuan Rumah yang Baik pada HPS 2019)

Ke-12 gubernur itu yakni Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Riau, Jawa Tengah (Jateng), Yogyakarta, Jawa Timur (Jatim), Kalimantan Utara (Kalut), Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Selatan (Kalsel), Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Tengah (Sulteng), Bali, dan Maluku Utara (Malut).

“Sementara gubernur lainnya seperti Sulawesi Barat (Sulbar), Kalimantan Timur (Kaltim), Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua Barat dan lainnya bakal diwakili. Dan kita juga masih menunggu konfirmasi lanjutan,” terangnya.

Terkait masalah penginapan tamu-tamu VVIP, ia mengaku telah menyiapkan sejumlah hotel di Kota Kendari. Tidak hanya itu, sejumlah kementerian juga telah mengkonfimasi kehadirannya di Sultra dalam rangka pelaksanaan HPS tanggal 2-5 November nanti.

Seperti Kementerian Pertanian dengan jumlah rombongan 167 orang, Kementerian Perikanan dan Kelautan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kekominfo), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), dan Kejaksaan Agung (Kejagung).

(Baca Juga : Pemda Kolaka Bakal Pamerkan Komoditi Lokal Berpotensi Ekspor di HPS 39)

Gubernur Sultra Ali Mazi pun meminta agar seluruh panitia pelaksanaan HPS di Sultra bekerja maksimal menyukseskan pelaksanaan HPS.

“Kita ingin agar pelaksanaan HPS ini berjalan sukses. Saya tidak mau ada image yang jelek setelah pelaksanaan ini. Olehnya saya minta semua bekerja maksimal, terlebih pelayanan terhadap seluruh tamu-tamu kita,” tegasnya.

Kegiatan HPS ke-39 ini bakal digelar di tiga daerah yakni Kota Kendari, Kabupaten Konawe, dan Konsel. Puncak acara pelaksanaan bakal dilaksanakan di Desa Pudambu, Kecamatan Angata, Konsel pada 2 November 2019.

(Baca Juga : Sagu dan Cokelat Bakal Jadi Komoditas Andalan Perayaan HPS)

Sedianya, HPS ke -39 bakal dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di sana Presiden Jokowi bakal melaksanakan panen raya kakao, dan temu wicara dengan petani kakao.

Kemudian, acara lainnya di Kota Kendari yakni seminar di Hotel Claro Kendari dan upacara peringatan HPS ke-39 di lapangan apel Kantor Gubernur Sultra dan pameran di eks MTQ Kendari. Terakhir lokasi HPS juga ada di Kabupaten Konawe, yakni di Kecamatan Besulutu, yakni pengembangan sagu. (b)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Jumriati
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib