iklan zonasultra

Pemprov Sultra Usul Bantuan 80 Unit Kapal ke Kementerian

Kepala Dinas Perikanan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Askabul Kijo
Askabul Kijo

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan mulai mengusulkan bantuan kapal ke pemerintah pusat. Total sebanyak 80 unit kapal yang dibutuhkan, untuk membantu nelayan kurang mampu di Sultra.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sultra, Askabul Kijo menjelaskan, usulan tersebut telah disampaikan pihaknya ke Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

“Itu yang kita usulkan, sesuai dengan kebutuhan nelayan di sini. Soal berapa yang akan diberikan ke kita, itu yang tentukan dari pusat,” terang Askabul saat ditemui awak media di Kantor DPRD Sultra, Senin (12/8/2019).

iklan zonasultra

Ia menerangkan, usulan bantuan kapal bagi nelayan tersebut mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yang mencapai 123 unit. Meski begitu, usulan pengadaan bantuan kapal itu telah sesuai dengan data kebutuhan masing-masing kabupaten yang diusulkan dari koperasi masing-masing.

“Kalau mengikut tahun-tahun kemarin, penyaluran kapal akan dilaksanakan Desember mendatang. Tapi kita juga masih akan menunggu tim verifikasi yang rencananya akan turun pada Oktober. Setelah tim verifikasi turun dan jumlah yang disalurkan diketahui, insyaallah Desember langsung disalurkan,” bebernya.

Soal anggaran, seluruhnya bersumber dari APBN sesuai dengan kebutuhan kapal yang akan diberikan. Kata dia, Pemprov Sultra hanya bertugas sebagai fasilitator nelayan untuk mengusulkan dan memperoleh bantuan kapal dari pemerintah pusat.

“Dinas kelautan dan perikanan hanya memfasilitasi kelompok nelayan, yang diusulkan untuk memperoleh bantuan sesuai dengan kriteria yang ada. Melalui pemprov diharapkan penyaluran bantuan ini dapat tepat sasaran serta para nelayan tidak menyalahgunakan bantuan yang ada,” harapnya. (B)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib