Pencarian Korban Tenggelam di Konawe Dihentikan

Plt BPBD Konawe Dedet Ilnari Yusta
Dedet Ilnari Yusta

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Basarnas Sultra, dan Pihak Kepolisian menghentikan pencarian Rusmin (38) warga Desa Wowalahumbuti, Kecamatan Pondidaha, yang dilaporkan tenggelam di sungai Lahumbuti, pada Jumat (1/6/2018) lalu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD, Dedet Ilnari Yusta mengatakan, Upaya pencarian telah dilakukan sesuai dengan prosedur, namun hingga memasuki hari ke tujuh korban belum juga ditemukan.

“Pencarian dihentikan, hingga hari ke tujuh korban belum ditemukan. Kami telah melakukan pencarian sesuai dengan prosedur. Dan seluruh personil yang terlibat pencarian telah kembali dikesatuannya masing-masing,” ujarnya, Kamis (7/6/2018)

Dijelaskannya, penghentian pencarian ini sesuai aturan Undang-undang Nomor 29 Tahun 2014 Tentang Pencarian dan Pertolongan.

(Berita Terkait : Korban Tenggelam di Konawe Belum Ditemukan)

“Ini juga tercantum di peraturan pemerintah Nomor 22 Tahun 2011 Tentang Angkutan di Perairan. Pencarian sebelumnya telah memakan waktu selama 7 hari, sehingga pencarian dihentikan,” ujarnya

Diberitakan sebelumnya, Rusmin (38) dilaporkan tenggelam sejak Jumat (1/6/2018) lalu di Sungai Lahumbuti, atau tepatnya di penyeberangan alternatif Pondidaha dengan Sabulakoa, Konawe Selatan. Sebelum dilaporkan tenggelam, sekitar pukul 15.20 wita, korban datang ke penyebrangan antara Pondidaha dan Sabulakoa, Konawe Selatan. Setibanya di lokasi, korban lalu melepaskan pakainnya lalu menaruhnya di pinggir sungai Lahumbuti, setelah itu korban langsung turun ke sungai hendak mandi. Namun, sekitar beberapa menit korban sudah tidak terlihat lagi, di lokasi awal korban turun ke sungai.

Awal yang berada dilokasi sempat melihat pakaian korban, saat dirinya hendak mencari korban namun tidak kunjung ditemukan, sehingga Awal langsung menginformasikan informasi tersebut ke warga dan keluarga korban, meskipun warga sudah berusaha melakukan pencarian namun tidak kunjung ditemukan, hingga peristiwa ini dilaporkan di aparat kepolisian. (B)

 


Reporter : Dedi Finafiskar
Editor : Tahir Ose
loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib