iklan zonasultra

Pendaftaran SBMPTN Ditutup, 1.327 Calon Maba Daftar di USN Kolaka

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Ruslin Hadanu
Ruslin Hadanu

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 telah ditutup pada 24 Juni 2019 kemarin.

Sampai batas akhir penutupan tercatat total jumlah peserta yang mendaftar SBMPTN 2019 di Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) sebanyak 1.327 pendaftar.

Wakil Rektor Bidang Akademik USN Kolaka, Ruslin Hadanu mengatakan, jumlah pendaftar tersebut tidak mencapai atau memenuhi daya tampung yang disediakan sebanyak 2.574 orang.

iklan zonasultra

Selain itu, bila dibandingkan dengan tahun 2018, jumlah pendaftar tahun 2019 jauh lebih sedikit. Di mana, pada 2018 jumlah pendaftar jalur SBMPTN sebanyak 2.585 peserta.

Baca Juga : Daftar Jalur SBMPTN, Ini Prodi Favorit Pilihan Pendaftar di USN Kolaka

“Jumlah pendaftar tahun ini tidak mencapai 50 persen dari daya tampung yang tersedia,” ujarnya ditemui di ruang kerjanya, Selasa (25/6/2019).

Ia merincikan, jumlah pendaftar SBMPTN 2019 di USN Kolaka yang memilih program studi Sains dan Teknologi (Saintek) sebanyak 733 pendaftar. Sedangkan, pendaftar yang memilih program studi Sosial dan Humaniora (Soshum) sebanyak 594 pendaftar.

Kendati demikian, program studi yang tidak memenuhi kuota daya tampung, kata dia, akan dialihkan ke penerimaan jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) 2019. Namun, hanya sebesar 10 persen dari kuota daya tampung yang tersedia.

Selanjutnya, Ruslin menuturkan bagi peserta yang mendaftar pada program studi dengan banyak peminat ketika tidak lulus saat pengumuman hasil SBMPTN 2019 pada 9 Juli 2019 bisa kembali mendaftar pada jalur mandiri.

“Karena tidak semua pendaftar di terima, apalagi yang mendaftar pada program studi yang jumlah pendaftarnya melebihi daya tampung,” pungkasnya. (a)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib