iklan zonasultra

Pengurus dan Simpatisan Golkar Butur Duduki Kantor Golkar Sultra

Pengurus dan Simpatisan Golkar Butur Duduki Kantor Golkar Sultra
KANTOR GOLKAR - Puluhan pengurus dan simpatisan Partai Golkar Buton Utara (Butur), menduduki Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Golkar Sulawesi Tenggara (Sultra), Minggu siang (5/7/2020). (Ramadhan Hafid/ ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Puluhan pengurus dan simpatisan Partai Golkar Buton Utara (Butur), menduduki Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Golkar Sulawesi Tenggara (Sultra), Minggu siang (5/7/2020). Mereka datang di Kantor DPD Golkar Sultra dengan membawa spanduk penolakan terhadap nama Ridwan Zakaria, serta membentangkan spanduk dukungan terhadap Aswadi Adam.

Wakil Ketua Bidang Kaderisasi DPD II Golkar Butur Ilham mengatakan, maksud kedatangan mereka di Kantor DPD Golkar Sultra untuk menolak nama Ridwan Zakaria sebagai calon Bupati Butur yang bakal diusung Golkar pada pilkada daerah itu.

Kata dia, munculnya nama Ridwan Zakaria yang diusulkan oleh Golkar Sultra ke DPP sangat membingungkan para kader dan simpatisan, sebab yang diplenokan oleh Golkar Sultra hanya nama Aswadi Adam. Selain itu, Aswadi merupakan kader Golkar dan telah melalui mekanisme penjaringan di partai.

Ilham menjelaskan, memang pada saat DPD II Golkar Butur melakukan penjaringan bakal calon bupati, ada 4 orang yang mendaftar. Kemudian diverifikasi, muncullah satu nama yang direkomemdasikan Golkar Butur ke Golkar Sultra, yaitu Aswadi Adam.

Bahkan kata dia, Aswadi sudah mengantongi surat tugas dari DPP yang ditandatangani langsung ketua umum dan Sekjen DPP Golkar. Namun anehnya di tengah perjalanan muncul nama Ridwan Zakaria, yang tidak melalui mekanisme di Partai Golkar.

“Kedatangan kami di sini, karena mengingat Golkar di Butur, dengan lahirnya sosok Aswadi Adam, akan bisa membangkitkan semangat dan gairah bagi para kader dan simpatisan untuk memenangkan pertarungan Pilkada Butur. Dan kami yakin itu,” ujarnya.

Ilham menegaskan, aksi yang mereka lakukan tidak akan berhenti sampai pihak DPD I Golkar Sultra menarik kembali nama Ridwan Zakaria yang telah diusulkan ke DPP.

Pengurus dan Simpatisan Golkar Butur Duduki Kantor Golkar Sultra

“Langkah kami hari ini tidak akan berhenti sampai di sini. Malam ini, kita akan bermalam di sini (Kantor Golkar Sultra) dan besok kita akan lakukan aksi. Kita minta usulan dua nama ke DPP, nama Ridwan Zakaria dihilangkan, jika tidak maka dengan cara apapun kami akan lakukan demi untuk mempertahankan harga diri kami sebagai kader dan yang kami usulkan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPD I Golkar Sultra Herry Asiku mengatakan, di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Sultra, Golkar telah menetapkan calon yang diusung melalui rapat pleno pada Kamis malam (2/7/2020). Hanya saja untuk di Pilkada Butur dan Konawe Selatan belum jelas dan masih berproses.

Kata Herry, di Pilkada Konawe Selatan (Konsel), Golkar Sultra mengusulkan dua nama yakni, Surunuddin dan Irham Kalenggo. Dua kader terbaik Golkar Konsel ini masih berebut restu DPP. Sementara di Butur, Golkar masih mempertimbangkan siapa yang akan diberi rekomendasi antara Aswadi Adam dan Ridwan Zakaria.

Herry menjelaskan, nama Ridwan Zakaria diusulkan karena atas permintaan DPP, sebab Ridwan melakukan pendaftaran di Golkar.

“Usungan Golkar di Pilkada tujuh daerah, yang fix itu baru lima daerah, karena sudah diplenokan kemarin, tinggal tunggu rekomendasinya keluar. Sementara dua daerah, yakni Konsel dan Butur masih berproses. Mungkin satu, dua hari dirapatkan lagi di DPP,” kata Herry melalui telepon selulernya, Minggu (5/7/2020). (A)

 


Kontributor: Ramadhan Hafid
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib