Pentingnya Data bagi Pemerintah untuk Tentukan Arah Kebijakan

Sukseskan Sensus Ekonomi, BPS Butur Gelar Apel Siaga
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Mohammad Edy Mahmud mengatakan data sangat penting bagi pemerintah guna menentukan arah kebijakan pembangunan.

Hal tersebut ia sampaikan dalam acara Ekspos Data Sosial Ekonomi Sulawesi Tenggara (Sultra) di Aula BPS Sultra, Rabu (26/9/2019).

iklan zonasultra

Menjadi instansi vertikal penyedia data, BPS mencoba memberikan potret kondisi sosial dan ekonomi masyarakat Sultra dengan sebenar-benarnya.

Hal ini, guna mendorong penentu kebijakan melakukan pembangunan sosial ekonomi secara adil dan merata di seluruh wilayah Sultra.

“BPS memberikan potret atau gambaran riil kondisi sosial dan ekonomi masyarakat untuk para penentu kebijakan. Sehingga, mereka bisa menentukan langkah-langkah yang akan diambil nantinya,” jelasnya.

Lebih lanjut Edy menjelaskan untuk menghasilkan potret atau data yang berkualitas maka memerlukan partisipasi masyarakat dan semua pihak terkait. Agar data yang disampaikan kepada pemerintah adalah data berdasarkan kondisi riil masyarakat.

Menurutnya, tanpa adanya data, penentu kebijakan tidak bisa membuat perencanaan yang jelas dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Olehnya itu, BPS berupaya menghasilkan data yang berkualitas berdasarkan potret kondisi riil sosial dan ekonomi masyarakat. Seperti, kondisi perekonomian, kemiskinan, pengangguran, inflasi, dan lainnya. (B)

 


Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib