iklan zonasultra

Perdana di Konsel, Puskesmas Tinanggea Gunakan Antrean Online

Perdana di Konsel, Puskesmas Tinanggea Gunakan Antrean Online
Puskesmas Tinanggea

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Warga di Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) kini semakin mudah berobat di puskesmas setempat. Sebab, warga bisa mendaftar antrean online bahkan dari rumah sekalipun.

Kepala Puskesmas Tinanggea Ilham Hilal mengatakan, dengan menggunakan aplikasi antrean online warga dapat lebih mudah mengefektifkan waktu tanpa harus menunggu lebih lama diloket pendaftaran.

Baca Juga : Dinkes Kendari Minta Puskesmas Amati Pasien Gejala Virus Corona

iklan zonasultra

Calon pasien terlebih dulu mengunduh aplikasi Mobile JKN. Saat akan berobat peserta mendaftar melalui Mobile JKN-nya di rumah dengan memilih menu pendaftaran pelayanan pada fitur utama, kemudian memilih antrean FKTP sesuai tempat terdaftar lalu menuliskan keluhan penyakit yang sedang dirasakan, kemudian nomor antrean serta estimasi waktu menunggu langsung dapat diketahui sehingga pasien dapat datang tepat waktu tanpa harus menunggu lama.

Setelah itu tinggal datang dan melapor ke petugas puskesmas tanpa harus lagi melajukan pendaftaran. Untuk sementara, fitur ini bisa digunakan apabila FKTP tempat peserta terdaftar sudah menerapkan sistem antrean online.

Perdana di Konsel, Puskesmas Tinanggea Gunakan Antrean Online
PUSKESMAS TINANGGEA – Suasana antrean di Puskesmas Tinanggea yang hendak berobat. Kini masyarakat bisa menggunakan aplikasi antrean online untuk mengefisienkan waktu, Senin (17/2/2020) (ERIK ARI PRABOWO/ZONASULTRA.COM).

“Kita menggandeng JKN untuk bekerja sama memanfaatkan aplikasi ini, untuk itu masyarakat bisa lebih mudah berobat di puskesmas, tanpa harus ribet bawa berkas untuk mendaftar lalu menunggu di loket,” kata Ilham di kantornya, Senin (17/2/2020).

Ilham menambahkan, penggunaan aplikasi antrean online tersebut juga memberi kenyamanan bagi pasien yang sedang menjalani perawatan.

Bupati Konsel Surunuddin Dangga pun sangat mengapresiasi inovasi tersebut. Baginya penerapan antrean online sangat efektif di wilayah kerja puskesmas Konsel yang sudah memiliki akses jaringan internet.

Baca Juga : Kunjungan Kerja, Bupati Konsel Terima Keluhan Tenaga Honorer

“Tentunya dengan mengimbangi kemampuan masyarakat dalam penggunaan teknologi,” ungkap Surunuddin.

Kepala Dinas Kesehatan Konsel dr. Maharayu mengatakan, aplikasi antrean online tersebut baru terpasang di Puskesmas Tinanggea. Ia mengimbau jajarannya agar terus berinovasi mempermudah masyarakat memperoleh pelayanan. (B)

 


Kontributor: Erik Ari Prabowo
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib