iklan zonasultra

Pergantian Pimpinan PDIP Sultra Dinilai Menguntungkan Abu Hasan

Abu Hasan
Abu Hasan

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Pengamat politik Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Najib Husen menilai pergantian Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Dekomrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Sulawesi Tenggara (Sultra) menguntungkan Abu Hasan.

Sebab kata Najib, Bupati Buton Utara (Butur) itu bisa lebih fokus untuk mempersiapkan pikiran, tenaga dan modal politik yang dimilikinya bertarung pada di Pilkada serentak tahun ini.

Iklan Zonasultra

Selain itu, dengan ditunjuknya Lukman menahkodai PDIP Sultra, kata Najib, membuat potensi PDIP memenangkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tujuh daerah di Sultra lebih besar.

“Secara pribadi lebih menguntungkan Abu Hasan, agar lebih fokus di Pilkada Butur,” kata Najib via telepon selulernya, Rabu (8/8/2020).

Najib menuturkan pergantian ini merupakan hal biasa. Sebab langkah itu diambil sebagai upaya untuk membesarkan PDIP di Sultra. Menurutnya, PDIP merupakan partai yang semua kebijakan dan penentu ada di tangan ketua umum. Sehingga semua kader cukup memberi masukan dan saran pada ketua umum.

Sebelumnya, Abu Hasan juga mengaku legowo posisinya diambil alih oleh Lukman, agar PDIP bisa meraih kemenangan secara keseluruhan pada tujuh Pilkada di Sultra yang digelar serentak tahun ini.

“Pak Hasto tadi menyampaikan dalam rangka konsolidasi Pilkada 2020, saya diminta lebih fokus ke Butur, maka dipertimbangkan lah pergeseran posisi dengan pak Lukman,” kata Abu Hasan, Selasa (7/7/2020).

Ia menegaskan, dukungan PDIP tetap solid, tidak akan berpaling ke calon lain mesti terjadi pergantian Ketua DPD PDIP Sultra.

Kemudian, Lukman Abunawas mengungkapkan, bahwa keputusan pergantian Ketua DPD PDIP Sultra sudah dari sebulan yang lalu. Hanya saja baru disampaikan di publik pada Selasa (7/7/2020) kemarin.

“Jadi keputusan ini sebenarnya sudah dari sebulan yang lalu. Hanya baru disampaikan kemarin oleh Ketua Bidang Organisasi DPP PDIP Syukur Nababan melalui zoom meeting bersama seluruh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP se-Sultra,” kata Lukman melalui pesan WhatsApp-nya kepada zonasultra.com, Selasa malam (7/7/2020).

Lukman juga menjelaskan, bahwa dirinya hanya bertukar posisi dengan Abu Hasan, karena sebelumnya ia menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan DPD PDIP Sultra dan posisi tersebut kini dijabat Abu Hasan.

Ditanyakan alasan DPP mengganti Ketua PDIP Sultra, Lukman menjawab agar Abu Hasan fokus dalam pelaksanaan Pilkada di Butur.

Untuk diketahui keputusan itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) DPP PDIP Nomor: 38/KPTS.DPP/VI/2020 tentang Penunjukan dan Pengangkatan Ketua DPD PDI Perjuangan Sultra masa bakti 2019-2024.

Dalam SK tersebut memutuskan, Lukman Abunawas yang sebelumnya menjabat sebagai Dewan Pertimbangan DPD PDIP Sultra ditunjuk menjadi Ketua PDIP Sultra.

Surat itu diterbitkan pada tanggal 30 Juni 2020 dan ditandatangani langsung Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum dan Sekjen Hasto Kristiyanto. (a)

 


Kontributor: Ramadhan Hafid
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib