iklan zonasultra

Peringati Harganas, Pemkot Kendari Target Pemasangan 2.000 Akseptor

Peringati Harganas, Pemkot Kendari Target Pemasangan 2.000 Akseptor
HARGANAS - Memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang jatuh setiap tanggal 29 Juni, Pemerintah Kota Kendari menargetkan pemasangan 2.000 akseptor, Senin (29/6/2020). (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI -Memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang jatuh setiap tanggal 29 Juni, Pemerintah Kota Kendari menargetkan pemasangan 2.000 akseptor.

Wali Kota Kendari Sulkarnain mengingatkan perlunya kembali menguatkan peran orang tua menata keluarga, merencanakan tumbuh kembang anak, apalagi dalam situasi pandemi saat ini.

Iklan Zonasultra

“Momentum hari keluarga nasional ini ketahanan keluarga menjadi prioritas utama kita. Kita tahu dalam kondisi pandemi seperti ini ketahanan kembali diuji,” ungkap Sulkarnain usai kunjungan, di Klinik Kecana perwakilan BKKBN Sultra, Senin (29/6/2020).

Menurut Sulkarnain, warga Kota Kendari sudah mulai memahami bahwa berkeluarga harus terencana, termasuk keinginan memiliki anak juga harus terencana dengan baik. Hal ini perlu dilakukan untuk menciptakan generasi yang siap di masa depan.

Sulkarnain juga mengakui pertumbuhan penduduk Kota Kendari secara alamiah masih tergolong wajar. Posisi Kendari sebagai ibu kota sehingga pertumbuhan penduduk banyak dipengaruhi oleh urbanisasi.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana Kota Kendari Hasria menjelaskan, untuk pelayanan akseptor KB di Kota Kendari dilakukan dengan tiga metode, yaitu melalui klinik, mobile layanan KB dan kunjungan ke rumah oleh kader yang telah dibentuk.

“Layanan KB bisa dilakukan di klinik, kita sudah punya 56 klinik di Kota Kendari,” katanya.

Jenis layanan yang diberikan di tiga tempat itu terdiri dari pasang baru, lanjutan dan pergantian jenis alat kontrasepsi. (b)

 


Kontributor: Sri Rahayu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib