iklan zonasultra

Peringati Hari Ibu, DWP USN Kolaka Berbagi Kasih dengan Kaum Dhuafa

Peringati Hari Ibu, DWP USN Kolaka Berbagi Kasih dengan Kaum DhuafaHARI IBU – Ketua DWP USN Kolaka Umi Noranah (berdiri) memberikan sambutan dalam acara peringatan Hari Ibu ke 89 tahun di ruangan Fakultas Tekhnik Informasi, kampus baru USN di desa Popalia, kecamatan Tanggetada, kabupaten Kolaka, Kamis (21/22/2017). (Abdul Saban/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Menyambut perayaan Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Negeri Sembilanbelas November (USN) Kolaka berbagi kasih dengan sejumlah kaum dhuafa di kecamatamatan Tanggetada, kabupaten Kolaka, Sulawasi Tenggara (Sultra), Kamis (21/12/2017).

Bakti Sosial (Baksos) itu dilakukan dengan cara membagikan bingkisan serta uang santunan kepada 60 siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta 10 orang janda tua yang berada di sekitar kampus Baru USN di desa Popalia, kecamatan Tanggetada.

Penyerahan bingkisan itu dilakukan lansung oleh ketua DPW UNS Kolaka Umi Noranah bersama jajarannya di ruangan Fakultas Tekhnologi Informasi, di Kampus Baru USN.

Isteri dari rektor USN Kolaka ini menjelaskan, perayaan Hari Ibu kali ini memang difokuskan bagi warga yang berada di sekitar kampus baru USN, karena daerah ini merupakan areal sosial yang selalu berinteraksi dengan pegawai dan civitas kampus.

Suasana hangat sangat terasa dalam acara ini. Umi Noranah bersama rekanya bertukar cerita dan berbagi kebahagian dengan anak tidak mampu, para orang tua lanjut usia (Lansia) dan janda tua.

Dalam kesempatan itu, Umi Noranah mengungkapkan kekhawatirannya terhadap sejumlah siswa kurang mampu di SD 1 Ranosangia, kecamatan Tanggetada. Mereka tidak bisa menikmati layanan pendidikan yang layak karena keterbatasan ekonomi orangtuanya.

Kepada civitas akademi USN Kolaka yang hadir di perayaan Hari Ibu itu, Umi Noranah juga berbagi cerita tentang perkenalannya dengan Azisah, siswa SD 1 Ranosangia yang kini hidup sebatangkara, karena kedua orangtuanya menjadi korban bencana tsunami di Aceh beberapa tahun lalu.

Peringati Hari Ibu, DWP USN Kolaka Berbagi Kasih dengan Kaum Dhuafa

Menurutnya, setiap ibu bisa menjadi guru bagi semua anak dalam mendidik anaknya menjadi cerdas. Sehingga dia berharap, kegiatan ini akan berlangsung secara terus menerus. Karena latar belakang yang dialami para siswa ini dirasanya nyaris sama dengan dirinya saat kecil. Inilah yang mendasari munculnya rasa peduli Umi Noranah untuk membantu para siswa kurang mampu tersebut.

“Saya berharap, teman tergerak hatinya untuk membantu anak sekolah SD, karena ini akan menjadi motivasi bagi mereka untuk melanjutkan sekolah di jenjang yang lebih tinggi lagi,” kata Umi Noranah dalam sambutannya.

Di tempat yang sama, Wakil Rektor bidang Akdemik USN Kolaka, Ruslin Hadanu mengapresiasi kegaitan yang dilaksanakan oleh DPW kali ini.

Kata dia, saat ini pihaknya fokus membantu anak tidak mampu agar bisa mengenyam pendidikan dengan layak. Sebab, rasa kasih terhadap anak sekitar merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat sesuai tri dharma perguruan tinggi.

“Kedepan, USN diharapkan memiliki desa binaan dan didalamnya terdapat banyak program pembinaan terhadap anak di desa bianaan itu,” kata Ruslin.

Untuk diketahui, siswa penerima santunan DPW USN dalam perayaan Hari Ibu kali ini adalah SD 1 Ranosangia, SD 1 Plasma Jaya, SD 1 Popalia, SD 1 Tanggetada, SD Tanggeau dan SMP 2 Tanggetada. (*)

 

Penulis : Abdul Saban

iklan halo sultra 2018

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib