Tampilan Desktop



Peringati HUT RI, Rektor UHO Ajak Civitas Akademika Refleksi Capaian yang Diraih
179 Dibaca

Peringati HUT RI, Rektor UHO Ajak Civitas Akademika Refleksi Capaian yang Diraih HARI KEMERDEKAAN – Upacara memperingati hari kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 di di lapangan UHO, Kamis (17/8/2017). (Foto: Humas UHO)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-72, Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari Muhammad Zamrun mengajak seluruh civitas akademika UHO untuk merefleksikan kembali capaian yang telah diraih, serta bersiap atas segala tantangan ke depan.

Zamrun mengungkapkan, selama lebih dari tujuh dekade usia kemerdekaan, Indonesia telah berhasil menjadi bangsa besar dengan berbagai kemajuan ekonomi, sosial dan politik. Namun di balik pencapaian tersebut, terdapat beragam problem yang saat ini menjadi tantangan terbesar, baik di tingkat lokal, regional, maupun global.

“Salah satu tantangan terbesar kita saat ini adalah persoalan kualitas SDM di Indonesia. Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia memiliki tingkat pendidikan rendah dan terkategori tenaga kerja tidak terlatih, atau berkeahlian rendah-menengah,” ungkap Zamrun dalam sambutannya saat menjadi pembina upacara di lapangan UHO, Kamis (17/8/2017).

Untuk menjawab tantangan tersebut, lanjutnya Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah menetapkan tujuan strategi yang akan dicapai pada 2019, yakni meningkatkan relevansi, kuantitas dan kualitas SDM berpendidikan tinggi, serta kemampuan iptek dan inovasi untuk keunggulan daya saing bangsa.

“Saya yakin, dengan kerja bersama, kita dapat mencapai tujuan strategis tersebut. Mulailah dari diri kita sendiri, dari lingkungan sekitar kita, dan dari institusi kita. Mari kita bangun budaya anti plagiat, budaya keilmuan yang menghasilkan inovasi dan karya yang bermanfaat,” ungkapnya.

Lanjutnya, kerja bersama antara perguruan tinggi dan institusi riset industri merupakan sebuah strategi dalam meningkatkan nilai tambah hasil penelitian menjadi sebuah inovasi dan produk iptek berskala pasar.

Terakhir, ia berharap dalam peringatan 72 tahun kemerdekaan RI ini, seluruh pihak dapat bekerjasama untuk terus membangun riset, teknologi, dan pendidikan tinggi dengan penuh integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong, serta selalu mengedepankan kepentingan dan masa depan bangsa Indonesia. (B)

 

Reporter: Sri Rahayu
Editor: Jumriati

Tagged with: ,
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com